Ratusan Pelajar Pantau Kualitas Air Sungai Brantas

Jum'at, 03 Oktober 2014 - 12:20 WIB
Ratusan Pelajar Pantau Kualitas Air Sungai Brantas
Ratusan Pelajar Pantau Kualitas Air Sungai Brantas
A A A
MALANG - Sebanyak 260 siswa dari 12 sekolah menengah atas di Kota Malang dan Kota Batu memantau kualitas air Sungai Brantas. Pemantauan dilakukan di belakang Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (3/10/2014).

Para pelajar yang tergabung dalam Jaring-jaring Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) dan Perusahaan Umum Jasa Tirta 1 ini memantau kualitas air Sungai Brantas dengan menggunakan teknik bioassessment atau melalui biota dan serangga sungai yang menunjukkan indikator kualitas air.

Kepala Bagian Lingkungan Perum Jasa Tirta 1 Inni Dian Rohani mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan di Jombang dan Madiun atau di kawasan DAS Brantas dan DAS Bengawan Solo. Pelajar diajak turun langsung ke sungai untuk mengetahui secara langsung bagaimana kualitas air Sungai Brantas sesungguhnya. Selain itu, ratusan pelajar ini juga membersihkan sampah yang berserakan di sungai.

"Kualitas air Sungai Brantas di hulu masih bagus, di hilir seperti Surabaya sudah tercemar. Kualitas air Sungai Brantas sudah tercemar mulai ringan, sedang, hingga berat," katanya.

Dalam pemantauan air Sungai Brantas ini, para pelajar menjaring beberapa jenis serangga air lalu dikumpulkan untuk ditentukan jenisnya apa saja. Apakah termasuk jenis yang sensitif terhadap pencemaran atau tidak.

"Jika banyak ditemukan serangga air seperti ketam, kerang, dan cacing menunjukkan kualitas air sungai tercemar, karena serangga air tersebut sangat toleran terhadap sumber pencemar," kata salah satu guru Biologi SMA 7 Kota Malang Tipuk Ujianti.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5733 seconds (0.1#10.140)