Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Kaltim

Jum'at, 03 Oktober 2014 - 02:01 WIB
Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Kaltim
Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Kaltim
A A A
SAMARINDA - Kabut asap akibat kebakaran hutan di Pulau Kalimantan mengganggu sejumlah aktivitas penerbangan. Setelah Kalimantan Tengah, kini giliran penerbangan di Kalimantan Timur (Kaltim). Jarak pandang pilot menjadi sangat terbatas. Bahkan, penerbangan dari Samarinda dengan tujuan Kabupaten Kutai Barat terpaksa dihentikan.

Menurut Kepala Bandara Temindung Samarinda, Agus Pramuka, penerbangan menuju Bandara Melalan, Kecamatan Melak, Kutai Barat harus dialihkan. Pada Rabu (1/10/2014) kemarin, Pesawat Avia Star jenis Karavan PK-BRN dari Bandara Data Dawai, Kabupaten Mahakam Ulu, juga gagal mendarat di Bandara Melalan, akibat gangguan kabut asap. Alhasil, pesawat bermuatan 12 penumpang tersebut mengalihkan penerbangan ke Bandara Temindung Samarinda.

“Informasi dari ATC (Air Traffic Control) kami dengan Bandara Melalan, Melak, kabut asap masih menghalangi jarak pandang. Sehingga, penerbangan menuju Melak terpaksa kita tunda hingga waktu yang belum ditentukan, demi keselamatan penerbangan,” ujar Agus.

Pihaknya juga menunda penerbangan Pesawat Kalstar yang hendak menuju Melak. Dia menyebutkan, seharunya pesawat Kalstar bermuatan 30 penumpang berangkat dari Samarinda menuju Melak sekitar pukul 10.33 WITA. Pihak otoritas Bandara Temindung terpaksa menunda penerbangan tersebut karena jarak pandang yang sangat terbatas tadi.

Setiap harinya, kata Agus, ada tiga maskapai yang melayani rute Samarinda-Melak yakni Avia Star, Susi Air, dan Kalstar. “Yang bersubsidi itu Avia Star dan Susi Air. Kalau Kalstar tetap penerbangan komersil biasa,” paparnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)