Suhu Air Panas di Lereng Gunung Slamet Naik

Rabu, 17 September 2014 - 19:40 WIB
Suhu Air Panas di Lereng...
Suhu Air Panas di Lereng Gunung Slamet Naik
A A A
PEMALANG - Meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Slamet hari ini diikuti kenaikan suhu air panas di kawasan lereng gunung yang dikelilingi Kabupaten Pemalang, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Banyumas itu.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang Sudrajat mengungkapkan, hasil pengukuran suhu air panas Gunung Slamet di tiga lokasi yang ada di kawasan wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal menunjukkan adanya kenaikan suhu.

"Kami mengukur suhu sumber air panas dan suhu udara di tiga lokasi yang ada kawasan obyek wisata Guci yakni di Pandansari, Pengasihan, dan Sicaya sebagai bahan evaluasi perkembangan aktivitas Gunung Slamet," kata Sudrajat, Rabu (17/9/2014).

Di Pandansari, suhu air panas mencapai 43,2 derajat celcius dan suhu udara 29,7 derajat celcius.

Sedangkan di Pengasihan suhu air panas mencapai 50 derajat celcius dan suhu udara 29,6 derajat celcius.

Adapun di lokasi Sicaya suhu air panas 60 derajat celsius dan suhu udara 26,3 derajat celcius.

"Jika dibandingkan hari sebelumnya ada kenaikan sekitar 1 derajat celcius. Tapi untuk kenaikan suhu ini belum berbahaya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Slamet mengeluarkan delapan kali letusan abu tebal setinggi 500-1.000 meter, hari ini. Peningkatan aktivitas vulkanik ini terjadi selama kurun waktu enam jam.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9126 seconds (0.1#10.140)