Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Guntur Terbakar

Minggu, 14 September 2014 - 17:31 WIB
Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Guntur Terbakar
Puluhan Hektare Hutan Pinus di Gunung Guntur Terbakar
A A A
GARUT - Puluhan hektare (Ha) hutan pinus di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat terbakar. Sejumlah saksi mata menuturkan, kebakaran tersebut dapat diketahui dengan adanya kepulan asap yang membumbung tinggi dari bagian samping gunung api tersebut.

Seorang penambang pasir di kawasan Gunung Guntur, Dasep (38), mengaku api yang membakar hektaran hutan pinus itu muncul secara tiba-tiba.

Dia menuturkan, kobaran api semakin membesar lantaran dipicu oleh kencangnya hembusan angin.

“Awalnya yang terlihat hanya kepulan asap yang membumbung tinggi. Tak lama kemudian, dikuti dengan kobaran api yang terlihat dari jauh cukup besar,” katanya, Minggu (14/9/2014).

Meski terjadi kebakaran di gunung, tambah Dasep, warga sekitar tidak panik. Sebab, warga telah menganggap kebakaran di hutan Gunung Guntur merupakan peristiwa biasa di setiap musim kemarau.

"Setiap musim kemarau, kebakaran di hutan gunung itu sudah biasa. Dari berbagai pengalaman, kebakaran terjadi karena ilalang yang kering bergesekan ditambah cuaca panas. Warga tidak panik karena lokasinya jauh dari permukiman. Hanya jadi tontonan saja," tuturnya.

Kebakaran hebat di Gunung Guntur ini terlihat merembet mulai dari Blok Cilopang, Blok Rejeng hingga ke sejumlah blok lain di sekitarnya.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Imat Ruhimat mengatakan, peristiwa kebakaran hutan di gunung ini setidaknya telah menyebabkan lahan seluas 70 Ha yang penuh dengan alang-alang dan pohon pinus habis terbakar.

“Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai lebih dari 70 hektare, dan api terus merembet kekawasan lainnya mengingat cuaca musim kemarau sangat panas dan angin kencang terus bertiup dikawasan tersebut," kata Imat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7156 seconds (0.1#10.140)