Gunung Lokon Terus Melakukan Aktivitas Tremor

Minggu, 14 September 2014 - 14:21 WIB
Gunung Lokon Terus Melakukan...
Gunung Lokon Terus Melakukan Aktivitas Tremor
A A A
TOMOHON - Letusan Gunung Lokon, di Sulawesi Utara, pada Sabtu 13 September 2014 sore, mengakibatkan sumbatan kupundan. Sumbatan ini dikhawatirkan akan menimbulkan letusan besar.

Dari rekaman seismograf di pos pemantau Gunung Lokon yang berada di Kakaskasen, setelah meletus kemarin, terjadi beberapa kali gempa vulkanik dangkal, dan didominasi oleh aktivitas tremor.

Pemerintah pusat melalui pemerintah daerah pun langsung mengeluarkan peringatan, pada radius 2,5 lima kilometer dari kawah Tompaluan, tidak boleh ada aktivitas warga.

Namun begitu, berdasarkan pengamatan di lokasi, warga di Kelurahan Kinilow 1, Kota Tomohon, yang berjarak sekitar tiga kilo meter, dari kawah Tompaluan, tampak beraktivitas seperti biasa.

"Aktivitas warga di sekitar gunung Lokon hingga kini masih berlangsung normal. Namun begitu, perasaan takut akan terjadinya letusan besar tetap menghantui warga," kata Robby, warga sekitar, Minggu (14/9/2014).

Pemerintah juga meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaaan, dan tetap mematuhi aturan jarak aman yang sudah ditetapkan oleh pusat vulkanologi mitigasi dan bencana geologi, yakni radius 2,5 meter dari kawah Tompaluan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)