Mengenang Peristiwa Puputan Badung

Senin, 15 September 2014 - 05:00 WIB
A A A
Lantas, apakah masyarakat Bali yang hidup di era kemerdekaan ini tahu tentang peristiwa Puputan Badung yang terjadi 108 tahun silam? "Saya tidak tahu persisnya bagaimana cerita perang itu dulu. Tapi yang jelas dulu ada perang di sini. Penjajah Belanda menyerang Raja Badung," kata Anak Agung Sri Kusniarti (24), warga Sesetan, Denpasar, yang ditemui saat jogging di alun-alun tersebut.

Memang, banyak versi cerita tentang Lapangan Puputan. Tetapi, perempuan yang akrab dipanggil Gung Sri ini menjelaskan bahwa yang dia tahu orang Belanda kala itu tengah menguasai Singaraja dan ingin memperluas kekuasaannya hingga ke Denpasar.

"Kalau saya dengar cerita dari nenek saya dulu, katanya orang Belanda mau mengusai Kerajaan Badung. Saat itu Raja Badung dengan sekuat tenaga bersama pasukannya melawan penjajah, tapi mereka kalah."

Begitulah. Puputan Badung memang begitu melekat dalam ingatan masyarakat Badung. Bagi masyarakat Bali di Badung, puputan juga berarti sikap mendalam yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur, yaitu ksatria sejati, rela berkorban demi kedaulatan dan keutuhan negeri (Nindihin Gumi Lan Swadharmaning Negara), membela kebenaran dan keadilan (Nindihin Kepatutan), serta berperang sampai tetes darah terakhir.

Puputan Badung merupakan fakta sejarah tak terbantahkan tentang jiwa kepahlawanan dan keunggalan raja dan rakyat Badung. Berdasarkan bukti-bukti historis yang ada, jelas bahwa raja-raja dan rakyatnya betul-betul tulus ikhlas dan berani melakukan perang "Puputan" sebagai bentuk keputusan bersama untuk mempertahankan kedaulatannya dari keserakahan Belanda.

Semoga, melalui Cerita Pagi kali ini, fakta sejarah Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906, bakal tetap abadi. Tidak saja dalam catatan sejarah perjalanan negeri ini, namun juga dalam hati sanubari rakyat di seluruh negeri.

*Diolah dari Wikipedia, situs www.badung.go.id, dan sumber lainnya.
(zik)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1119 seconds (10.55#12.26)