Warga Ambil Air Bersih di Puncak Gunung

Senin, 08 September 2014 - 00:33 WIB
Warga Ambil Air Bersih...
Warga Ambil Air Bersih di Puncak Gunung
A A A
NGANJUK - Krisis air bersih akibat kemarau yang berkepanjangan dialami ribuan warga di lereng Gunung Wilis, Nganjuk, Jawa Timur. Setiap sore, warga harus mengantre mengambil air yang mereka tampung dari puncak gunung dan biasanya hanya mengalir sekitar satu jam.

Bahkan, tak jarang warga yang sudah antre lama untuk mendapatkan air bersih itu harus rela menggigit jari, lantaran tak dapat apa yang mereka inginkan. Mereka harus kembali mengantre di tempat itu keesokan harinya.

Kegiatan tersebut kerap terjadi setiap sore, mereka secara berkelompok melakukan itu. Khususnya warga di lereng gunung wilis tepatnya di Desa Joho, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, antri untuk mendapatkan air bersih.

Rianah, salah seorang warga yang mengantre mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan dua bulan terakhir ini. Penyebabnya, air dari PDAM yang biasanya mengalir ke rumah-rumah mereka kini mati total akibat kemarau.

Sebagai gantinya, kata dia, warga harus antri secara berkelompok di beberapa titik untuk mendapatkan air yang mereka kumpulkan dari puncak gunung secara swadaya. Maka itu, dia berharap pemerintah daerah (pemda) segera membantu menuntaskan krisis air bersih tersebut.

"Warga berharap pemerintah Kabupaten Nganjuk segera memberikan bantuan air bersih ke desa mereka," pintanya di lokasi antrean air bersih, Minggu 7 September 2014.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5712 seconds (0.1#10.140)