Bus Nyaris Terbakar, Penumpang Panik Berhamburan

Senin, 04 Agustus 2014 - 16:14 WIB
Bus Nyaris Terbakar, Penumpang Panik Berhamburan
Bus Nyaris Terbakar, Penumpang Panik Berhamburan
A A A
BANTUL - Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Koperasi Abadi AB 7358 AK tiba-tiba mengeluarkan asap tebal di Perempatan Klodran, Kecamatan Bantul, sore ini. Akibatnya, penumpang dan awak bus langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Sopir bus bertuliskan Yulina ini, Sumaryanto (46), menceritakan, sejak pagi hari tidak ada yang aneh dengan bus yang ia kemudikan tersebut. Namun sore ini, ketika berbelok memasuki jalur lambat sebelum Perempatan Klodran, tiba-tiba keluar asap tebal dari bagian kiri tengah bus tersebut. "Nggak tahu, tiba-tiba ada asap tebal dan bau gosong menyengat," ujar pria asal Dusun Samparan, Caturharjo, Pandak ini, Senin (4/8/2014).

Sesaat setelah semua penumpang berhamburan ke luar, ia lantas memberanikan diri membuka kotak penyimpanan aki yang berada di samping bawah pintu masuk bagian depan. Dengan cekatan, ia mencabut semua kabel di bagian tersebut dan akhirnya kepulan asap berhenti.

Ia ragu bagian aki yang terbakar. Sebab,setelah diperiksa, aki bus sama sekali tidak panas. Kemungkinan besar yang korslet adalah kabel lain yang bergesekan dengan bodi bus. Kemungkinan lain, lanjutnya, sangat tipis karena bus tersebut sangat fit, sebab sehari sebelumnya ia gunakan ke Indrayanti. "Kalau kemarin kejadian kayak gini saat di Indrayanti, nangis saya," tuturnya.

Sang kernet, Sarjono menambahkan, saat bus mengeluarkan asap, kondisi di dalam memang agak penuh. Saat itu kira-kira ada sekitar 20 penumpang ia ambil sejak dari Perempatan Wirobrajan. Karena kejadian tersebut, semua penumpang ia oper ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan. "Bus ini belum begitu tua, buatan tahun 1997," jelasnya.

Akibat kejadian tersebut, beberapa karyawan kompleks pertokoan dan rumah di dekat lokasi kejadian ketakutan. Bahkan, satu unit pemadam kebakaran telah menuju ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)