Sidak Mamin Temukan Kaleng Rusak dan Buah Busuk

Rabu, 16 Juli 2014 - 19:55 WIB
Sidak Mamin Temukan Kaleng Rusak dan Buah Busuk
Sidak Mamin Temukan Kaleng Rusak dan Buah Busuk
A A A
MADIUN - Waspadalah dengan perederan makanan dan minuman dalam kemasan di pasaran. Dalam inspeksi mendadak (sidak) pada Rabu (16/7/2014), tim gabungan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata (Disperindagkoppar) Kota Madiun menemukan kaleng minuman yang rusak dan buah busuk yang masih terpajang.

Tim gabungan menggelar operasi pengawasan di sejumlah retail, seperti Alfamart dan Indomart.

Operasi tersebut dilakukan untuk memantau sekaligus mengawasi produk makanan maupun minuman menjelang lebaran 1435 H. Di sisi lain, pemantauan dilakukan menyusul banyaknya kebutuhan pangan konsumen yang membeli berbagai produk mamin.

Selain Disperindagkoppar, operasi mamin juga diikuti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Satpol PP, Kepolisian, serta Bagian Perekonomian dan Sosial Pemkot Madiun.

Kepala Disperindagkoppar Kota Madiun, Totok Sugiharto mengatakan, sidak dilakukan selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis mendatang.

Hasil operasi yang dilakukan hari kedua khususnya di dua lokasi mini market jalan Salak Kota Madiun, tim operasi menemukan sejumlah kaleng rusak atau penyok, maupun buah-buahan kondisi busuk yang masih tersimpan di lemari es.

Kendati demikian, sejumlah barang yang ditemukan itu tidak disita, tim hanya menyarankan agar tidak didisplay atau diperjualbelikan.

“Tindak lanjutnya, kalau memang pemilik toko tetap melanggar pembinaan ini, nanti bisa ke tindak pidana. Sehingga mungkin kalau parah bisa diputus atau dicabut izinnya. Ini sudah ada komitmen untuk ke situ,” ujarnya.

Kabid Perdagangan Tatiek Wuryandari menguraikan, jika makanan maupun minuman yang dikonsumsi konsumen dalam keadaan expired atau kadaluwarsa, dimungkinkan akan menimbulkan penyakit.

Karena itu Tatiek mengimbau kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas.
“Barang ini sampai dimakan konsumen itu bisa menyebabkan penyakit seperti semacam kanker. Maka dari itu kami minta masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas. Artinya setiap belanja yang dilihat pertama kali itu kemasannya bagus nggak. Kalau kemasannya rusak dan berlubang itu bisa terkontaminasi virus penyakit,” katanya.

Selain di Jalan Salak, tim gabungan juga melakukan operasi pengawasan di Alfamart maupun pasar modern lain di kawasan Jalan Mayjend Sungkono dan Jalan Yos Sudarso Kota Madiun.

Sesuai jadwal, operasi pengawasan Mamin kembali dilakukan pada Kamis (17/7) di sejumlah pasar modern di Kota Madiun.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6512 seconds (0.1#10.140)