Jalani MOS, Siswa Baru Bersihkan Masjid Agung Solo

Rabu, 16 Juli 2014 - 10:09 WIB
Jalani MOS, Siswa Baru Bersihkan Masjid Agung Solo
Jalani MOS, Siswa Baru Bersihkan Masjid Agung Solo
A A A
SOLO - Berbagai cara dilakukan sekolah untuk membentuk karakter siswa barunya. Di Kota Solo, Jawa Tengah, Masa Orientasi Siswa (MOS) dilakukan dengan cara unik yakni dengan mencuci atau membersihkan Masjid Agung Solo.

Kegiatan membersihkan masjid itu dilakoni puluhan siswa baru SMA 5 Kota Solo yang sedang menjalani MOS, Rabu (16/7/2014). Sejak pukul 07.30 WIB, siswa baru yang mengenakan topi dari bola bekas dan tali sepatu dari tali rafia ini mendatangi Masjid Agung Solo yang dibangun tahun 1763.

Kegiatan bersih-bersih masjid diawali dengan mengepel lantai di halaman masjid. Karena dilakukan secara bersama-sama, dalam sekejap lantai bersih. Sementara, siswa lain membersihkan bedug dan kentongan yang berusia ratusan tahun.

Totok, salah seorang guru pendamping SMA 5 Solo mengatakan, pihaknya sengaja melakukan MOS di luar kelas untuk mengenalkan para siswa baru ini dengan masjid bersejarah yang merupakan cagar budaya. "MOS dengan cara mencuci masjid ini sangat tepat dilakukan di bulan suci, sekaligus menjaga kebersihan masjid selama Ramadan," kata Totok.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1856 seconds (0.1#10.140)