Kutuk Serangan Israel, ISNU Serukan Doa Qunut Nazillah

Jum'at, 11 Juli 2014 - 17:22 WIB
Kutuk Serangan Israel, ISNU Serukan Doa Qunut Nazillah
Kutuk Serangan Israel, ISNU Serukan Doa Qunut Nazillah
A A A
SURABAYA - Ikatan Sarjana Nahdotul Ulama (ISNU) menyerukan kepada segenap umat Islam untuk membaca Qunut Nazillah untuk umat Muslim di Gaza, agar diberikan kekuatan dalam mempertahanan tanah suci Al Aqso.

Ketua ISNU Jombang Ahmad Athoillah mengatakan, sebagai umat Islam, tentu pihaknya turut merasakan kepedihan atas kejadian invasi Israel ke jalur Gaza, Palestina. Terlebih, korban serangan Israel itu banyak terdiri dari anak-anak dan wanita.

"Sebagai umat Islam, kami turut merasakan kepedihan dan duka yang mendalam atas terjadinya kejahatan kemanusiaan di jalur Gaza, Palestina. ISNU menyerukan agar umat Islam di Indonesia membaca Qunut Nazilah dengan harapan pertolongan Allah untuk saudara-saudara Muslim di Gaza," kata pria yang akrab disapa Gus Aik, Jumat (11/7/2014).

Dia menjelaskan, doa qunut biasanya dibaca saat salat subuh, terutama oleh kalangan Nahdliyyin. Nah, qunut nazilah ini sama dengan doa qunut biasa, namun dibaca setiap salat lima waktu.

Dengan doa ini, umat Islam meminta pertolongan, karena keadaan sudah genting bagi umat Muslim di jalur Gaza. Lebih jauh, ISNU mengutuk keras perbuatan Israel yang dinilai telah melukai perasaan kemanusian dan prinsip perdamaian dunia.

ISNU juga meminta kepada pemerintah Indonesia untuk bersikap tegas demi terwujudnya perdamaian dunia pada semua level. Termasuk diplomasi international dengan meminta Israel segera menghentikan serangan dalam bentuk apapun.

"Kami meminta pemerintah Indonesia dan PBB untuk segera mengupayakan perundingan damai antara Israel dan Palestina. Dan kepada pemerintah Indonesia, kami meminta dukung perjuangan hak-hak rakyat Palestina untuk merdeka dan berdaulat," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)