Kabel Transmisi Sutet Putus Ditabrak Tongkang

Selasa, 08 Juli 2014 - 18:50 WIB
Kabel Transmisi Sutet Putus Ditabrak Tongkang
Kabel Transmisi Sutet Putus Ditabrak Tongkang
A A A
SAMARINDA - Kabel transmisi jaringan listrik Sistem Mahakam yang berada di sisi Sungai Mahakam terputus ditabrak kapal tongkang bermuatan crane. Akibatnya aliran listrik di tiga kota di Kalimantan Timur padam. Warga sekitar tempat ditabraknya kabel transmisi sempat mendengar tiga ledakan sehingga membuat mereka panik.

Seorang warga yang tinggal persis di bawah tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) bernama Harisa mengaku kaget dengan suara ledakan itu. Dia pun berlari keluar rumah karena takut terjadi sesuatu.

“Kalau tidak salah ingat, kejadian persisnya sekira pukul 02.30 Wita, listrik tiba-tiba padam, kemudian terdengar ledakan. Ledakannya sampai tiga kali,” kata Harisa, Selasa (8/7/2014).

Karena kaget ada ledakan, Harisa bersama keluarganya langsung berhamburan keluar rumah. Demikian pula dengan para tetangganya, yang ketakutan terkena sesuatu.

“Kita pikirnya paling aman di luar rumah, jadi semuanya di sini keluar rumah. Kondisinya gelap, jadi kita tidak tahu apa yang terjadi. Setelah tidak panik, baru kita tahu kabel tower ini putus, " timpal Harisa seraya menunjuk tower yang berdiri 10 meter dari kediamannya.

Kabel transmisi Sutet itu pun menimpa rumahnya yang berjenis bangsalan. Bangsalan ini merupakan mess untuk karyawan perusahaan penyedia material bangunan yang dia tempati bersama keluarga.

“Itu atap rumah saya baru saja saya ganti. Tadi saya memanggil tukang untuk mengganti seng yang rusak karena ditimpa kabel. Cepat-cepat saya ganti karena takut hujan,” kata ibu paruh baya ini.

Tower Sutet berdiri kokoh di masing-masing sisi sungai. Tower ini memuat kabel transmisi yang menyeberangi Sungai Mahakam dan menghubungkan daratan Samarinda. Sejak pagi hari, petugas PLN langsung menarik kabel yang jatuh ke sungai.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7354 seconds (0.1#10.140)