Tokoh Papua di Jakarta Dukung Pelaksanaan Kongres KNPI di Jayapura

Jum'at, 13 Juni 2014 - 15:35 WIB
Tokoh Papua di Jakarta Dukung Pelaksanaan Kongres KNPI di Jayapura
Tokoh Papua di Jakarta Dukung Pelaksanaan Kongres KNPI di Jayapura
A A A
JAYAPURA - Sejumlah tokoh asal Provinsi Papua menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) XIV pada Oktober 2014 mendatang di Papua.

Mereka menilai ini merupakan suatu kehormatan bagi Papua jika kongres pemuda tersebut bisa dilaksanakan di provinsi paling timur Indonesia ini.

"Saya sangat senang kalau akhirnya Kongres KNPI XIV bisa dilaksanakan di bumi Cendrawasih. Ini bisa menjadi sejarah dan menjadi momentum untuk kemajuan bagi para pemuda di Papua," kata Pembina Generasi Muda Trikora Pusat Martin Kafiar, kepada Sindonews, Jumat (13/6/2014).

Menurut dia, sebagai tulang punggung di massa mendatang, para pemuda harus mampu menjadi garda terdepan bagi kemajuan daerah. Khusus bagi para pemuda di Papua sudah seyogyanya bisa berbuat lebih banyak lagi bagi kemajuan daerahnya, " kata Martin.

Sementara Ketua Kaukus Papua di DPR Paskalis Kossay menilai rencana penyelenggaraan Kongres KNPI XIV di tanah Papua merupakan salah satu hal yang positif bagi kemajuan para pemuda di bumi Cendrawasih dan bisa menjadi salah satu strategi untuk memupuk rasa nasionalisme dan persaudaraan antar para pemuda yang mulai luntur.

Selain itu dengan diselenggarakan kegiatan ini juga bisa memupus image Papua sebagai daerah yang rawan konflik.

"Karena itu kegiatan ini harus didukung dan difasilitasi baik oleh Pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah pusat, " timpal Paskalis.

Sedangkan menurut Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Anak Asli Papua (Hipmas Papua), Hendrik Yance Udam, sebagai anak asli Papua dia berterima kasih terhadap seluruh pemuda dari Sabang sampai Marauke yang telah memberikan kepercayaan terhadap Papua sebagai tempat penyelenggaraan Kongres KNPI XIV ini.

"Kegiatan ini bisa menjadi sejarah tersendiri bagi Papua. Karena ini kali pertama terjadi sejak bergabung 50 tahun lalu ke dalam negara kesatuan Republik Indonesia dan juga merupakan kebanggaan khusus bagi Papua bisa menyelenggarakan even tingkat nasional, " ujar Hendrik.

Hendrik menuturkan, tentunya even tingkat nasional ini bisa menjadi ajang promosi bagi Papua kalau daerah ini aman dari konflik dan kekerasan.

Karena selama ini, kata dia, terus menerus menjadi stigmatisasi bahwa bumi Cendrawasih yang dikenal dengan mutiara hitam itu tidak aman. "Ini tentu bisa menghilangkan image tersebut," tukas Hendrik.

Pengusaha muda ini menegaskan, dengan terselenggaranya Kongres KNPI XIV di Papua ini bisa menjadi suatu momentum bagi para pemuda di bumi Cendrawasih yang mempunyai kemauan dan idealisme untuk menjadi pemimpin yang handal di masa depan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)