Sungai Carompong Meluap, Puluhan Rumah di Bone Kebanjiran

Rabu, 11 Juni 2014 - 18:06 WIB
Sungai Carompong Meluap, Puluhan Rumah di Bone Kebanjiran
Sungai Carompong Meluap, Puluhan Rumah di Bone Kebanjiran
A A A
WATAMPONE - Akibat diguyur hujan seharian, beberapa tempat di Kabupaten Bone terendam banjir. Salah satunya di Desa Kawerang, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Puluhan rumah yang berada di tepi Jalan Poros Bone-Sinjai tersebut terendam air yang meluap dari Sungai Carompong. "Hujan mulai tadi malam, air dari sungai itu meluap, sekarang tingginya selutut," ujar Marni (35), warga setempat, Rabu (11/6/2014).

Kendati begitu, air tidak sampai masuk ke dalam rumah warga. Sebab, warga setempat umumnya mendirikan rumah panggung, sehingga terhindar dari luapan air.

"Warga yang rumah batu, air masuk ke dalam rumah, beberapa barang elektronik dipindahkan ke rumah panggung milik warga lainnya, kalau hujan berhenti air ini juga surut," sambung Marni.

Walau luapan banjir tersebut hampir tiap tahun dirasakan oleh warga setempat, namun warga berharap ada perhatian dari pemerintah untuk mencari solusi agar masalah ini teratasi.

"Memang kalau hujan deras air di sungai itu meluap, tapi setidaknya ada solusi apakah irigasi sungai atau ada selokan pembuangan air, sehingga ketika air meluap tidak masuk dan menggenangi rumah warga," timpal Jumardi (40).

Dari pantauan, terlihat sejumlah warga membersihkan rumahnya, sementara beberapa warga lainnya mengamankan ternak sapi dan ayam yang kandangnya terendam air.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2135 seconds (0.1#10.140)