Persiapan MTQ Internasional di Sumsel Rampung 50%

Kamis, 22 Mei 2014 - 16:53 WIB
Persiapan MTQ Internasional di Sumsel Rampung 50%
Persiapan MTQ Internasional di Sumsel Rampung 50%
A A A
PALEMBANG - Persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Internasional yang akan dilaksanakan di Palembang, Provinsi Sumsel, sudah mencapai 50%. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menjelaskan, kegiatan yang akan diikuti oleh 53 negara ini bakal dikemas berbeda dengan MTQ Internasional sebelumnya yang pernah diadakan.

Acara ini, kata dia, akan dipusatkan di Palembang Sport and Convension Center (PSCC) Palembang.

"Kepanitian sendiri, masih mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkannya sampai bulan September mendatang, " ujar Alex usai menerima panitia MTQ Internasional dan event organizer di Ruang Rapat Griya Agung Palembang, Kamis (22/5/2014).

Menurut Alex, event organizer Harry Kiss Produksion Indonesia direncanakan yang akan melengkapi sound system pada acara MTQ Internasional ini, Harry Kiss Produksion Indonesia ini merupakan sound system buatan Indonesia yang kualitasnya telah menembus Pasar Internasional.

Sementara Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pertemuan bersama Menteri Agama Suryadarma Ali dan telah mendapat persetujuan tentang susunan kepanitiaannya.

Menurutnya, even Internasional ini jumlah pesertanya ditargetkan sebanyak 53 nNegara dengan kegiatan perlombaan diantaranya 2 tilawa dan hafis, hapalan al-qur’an dan lagu untuk putra dan putri, serta hafis 30 juz.

“Untuk keseluruhan negara peserta belum dapat dipastikan, karena besar kemungkinan akan terus bertambah. Namun, ditargetkan sebanyak 53 Negara. Sementara, jurinya sendiri merupakan juri dari Internasional yang berasal dari 6 negara. yaitu Iran, Saudi Arabia, Perancis, uni Emirat Arab, Yordania dan Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Biro Kesejateraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Richad Haryadi dalam laporannya mengatakan, rencananya MTQ Internasional ini akan dibuka pada 23 September mendatang dengan mengadakan acara opening dan closing yang sangat berbeda dengan MTQ Internasional yang sebelumnya pernah diadakan.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh para perwakilan dari seluruh pesantren di Provinsi Sumsel yang tersebar di kabupaten/kota.

“Jika ke 53 negara peserta ini semua hadir maka diperkirakan sekitar 200 orang peserta yang akan datang ke Provinsi Sumsel. Selain itu, direncanakan pada opening dan closingnya nanti juga akan diadakan acara yang meriah,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8014 seconds (0.1#10.140)