Objek wisata buku di Kota Bandung

Jum'at, 16 Mei 2014 - 17:24 WIB
Objek wisata buku di Kota Bandung
Objek wisata buku di Kota Bandung
A A A
Sindonews.com - Seiring dengan kemajuan zaman, berbagai macam pembangunan tumbuh pesat di Kota Bandung. Beberapa di antaranya bangunan yang berdiri megah di ibu kota Jawa Barat ini, adalah toko buku.

Sejumlah toko buku dengan berbagai ukuran, nampak tumbuh subur di Kota Kembang ini. Selain dalam bentuk mall, puluhan toko buku yang lebih mirip dengan kios-kios pun menjamur subur di Kota Bandung.

Namun demikian, keberadaan toko buku modern tersebut, tidak berdampak terhadap tersisihnya pusat buku yang sudah ada lebih dulu. Pasar Palasari, adalah bukti dari kuatnya pusat buku di Kota Bandung.

Di lahan seluas 21.950 m2, pusat buku tersebut mampu bertahan dalam kurun waktu puluhan tahun. Hingga diusianya yang ke-34 tahun, terdapat ratusan kios berjejer menawarkan berbagai macam buku, baik buku baru maupun lama.

“Berdasarkan catatan yang ada, Pasar Palasari ini berdiri tahun 1958. Adapun blok buku, mulai tahun 1980,” kata Penanggungjawab Pasar palasari Reza Rahman, kepada wartawan, Jumat (16/5/2014).

Selain jejeran kios, di pusat buku Pasar Palasari juga terdapat puluhan toko. Namun demikian, hingga saat ini jumlah kios jauh lebih banyak dibanding dalam bentuk toko.

“Dalam bentuk toko juga ada, sekitar 20 unit. Tapi memang masih didominasi oleh jajaran kios, mencapai angka ratusan,” papar Riza.

Aktivitas di pasar pusat buku tersebut, akan mencapai puncaknya dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sebab, sebagian besar kios akan mulai buka pada siang hari.

“Ada juga sih yang sudah buka sejak pagi hari. Tapi, ramainya dari jam 12 sampai jam 6 sore. Bahkan, ada juga yang sampai malam tetap buka,” jelas dia.

“Adapun bulan-bulan ramai kunjungan, itu biasanya setiap ganti tahun ajaran. Kalau tiap minggunya, akhir pekan (yang ramai kunjungan),” lanjut dia.

Sementara itu, tidak hanya buku-buku pelajaran dan pengetahuan. Pengunjung juga bisa mencari koleksi komik di tempat tersebut. Selain itu, ketika buku yang dicari tidak ada, pedagang di tempat tersebut siap membantu untuk mencari buku yang dimaksud.

“Bisa juga pesan, nanti coba dicarikan. Tinggal taruh nomer yang bisa dihubungi, nanti ketika bukunya sudah ada, kami hubungi,” kata salah seorang pedagang, Dedi.

Selain kaya dengan wahana hiburan, Kota Bandung juga memiliki pusat yang sarat dengan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, jika belanja buku di mall tidak bisa menawar, maka di pusat buku Palasari sangat mungkin mendapatkan buku yang sama dengan di mall.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5769 seconds (0.1#10.140)