Pemkot Solo bangun rusunawa untuk warga bantaran Kali Pepe

Jum'at, 09 Mei 2014 - 21:21 WIB
Pemkot Solo bangun rusunawa untuk warga bantaran Kali Pepe
Pemkot Solo bangun rusunawa untuk warga bantaran Kali Pepe
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Solo bakal membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di wilayah sekitar Kali Pepe, Banjarsari, Solo. Pembangunan itu dilakukan sebagai upaya relokasi warga bantaran Kali Pepe yang saat ini tinggal di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo Ahyani mengatakan, rusunawa yang bakal dibangun itu nantinya memiliki kapasitas sekira 46 keluarga. Nantinya, warga yang tinggal di wilayah bantaran bisa menggunakan rusunawa tersebut seiring penataan lahan bantaran di wilayah Kali Pepe oleh DPU dalam waktu dekat.

Ahyani mengatakan, proses pembangunan rusunawa itu saat ini sudah masuk dalam tahap sosialisasi kepada warga yang tinggal di wilayah bantaran. Menurutnya, dalam sosialisasi itu warga diberi pengertian tentang penggunaan rumah susun yang siap dibangun itu. "Nantinya warga yang tinggal akan diberi hak pakai untuk menempati bangunan itu," ucap Ahyani, Jumat (9/5/2014).

Ia mengatakan, anggaran yang diajukan untuk membangun rusunawa itu sebesar Rp9 miliar. Anggaran itu Rp6 miliar di antaranya untuk pembangunan fisik rusunawa, sedangkan sisanya dianggarkan untuk membangun dan menata lingkungan sekitar Kali Pepe. "Kita akan ajukan Rp6 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Solo, 2014, sedangkan sisanya bakal dianggarkan pada tahun berikutnya atau CSR dari pihak ketiga," imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, pembangunan rusunawa itu sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang tinggal di bantaran Kali Pepe itu. Menurutnya, rusunawa diprioritaskan bagi warga yang telah tinggal berpuluh-puluh tahun di kawasan itu. Hal itu dilakukan agar nantinya tidak terjadi kecemburuan sosial antara warga yang sudah tinggal lama dengan yang baru. "Kita nanti akan melakukan penataan berupa taman lingkungan dan menaman tanaman obat dan tanaman hias yang nantinya berguna untuk warga sekitar," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7302 seconds (0.1#10.140)
pixels