3 tipe faedofilia yang harus diwaspadai

Rabu, 07 Mei 2014 - 15:49 WIB
3 tipe faedofilia yang harus diwaspadai
3 tipe faedofilia yang harus diwaspadai
A A A
Sindonews.com - Psikiater Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Teddy Hidayat menyebut ada tiga tipe seorang pengidap faedofilia. Pertama adalah immature faedofilia.

"Tipe immature faedofilia tidak bergaul dengan orang dewasa," kata Teddy, dalam diskusi dengan wartawan di RSHS, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/5/2014).

Ruang lingkup pergaulan pengidap immature faedofilia terbilang terbatas. Dalam melancarkan aksinya, pelaku tipe ini memberikan bujuk rayu pada korban. "Misalnya memberi permen atau mengajak main game," ungkapnya.

Tipe kedua adalah regresi faedofilia. Pengidap faedofilia tipe ini biasanya memiliki pasangan, baik itu istri. Tapi dalam saat bersamaan, yang bersangkutan memiliki hasrat seksual terhadap anak kecil.

"Tipe seperti ini biasanya enggak pakai iming-iming, langsung sikat, paksa," ucapnya.

Untuk tipe regresi faedofil, biasanya istrinya hanya sekedar jadi pajangan. "Gairah seks (dengan istrinya) tidak muncul. Dia munculnya dengan anak kecil," jelas Teddy.

Tipe terakhir adalah tipe reagresif faedofilia. Ini termasuk karakter faedofilia mengerikan. "Selain faedofilia, dia juga antisosial. Habis melakukan, korbannya dibunuh," tuturnya.

Untuk penyebab seseorang menjadi pengidap faedofilia, Teddy mengatakan, belum tahu secara pasti. Tapi berdasarkan literature yang ada, para ahli cenderung melihat pengidap faedofilia memiliki pengalaman kekerasan seksual saat kecil.

"Menurut para ahli, ini yang pengaruhnya paling besar," tandas Teddy.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)