3 kota di Sumut akan terintergrasi bus rapid transit

Rabu, 07 Mei 2014 - 09:29 WIB
3 kota di Sumut akan terintergrasi bus rapid transit
3 kota di Sumut akan terintergrasi bus rapid transit
A A A
Sindonews.com - Guna mengatasi kemacatan tiga kabupaten/kota di Sumatera Utara akan mengoperasikan bus rapid transit pada tahun 2015. Direncanakan 30 bus akan mulai beroperasi dengan rute Deli Serdang-Medan-Binjai yang mempunyai 81 halte di 3 kota tersebut.

Untuk keperluan tersebut Rabu pagi ini (7/5/2014), Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wali Kota Binjai Muhammad Idaham dan Bupati Deli Serdang Azahri Tambunan disaksikan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugraoho melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) pengoperasian bus rapid transit di ketiga wilayah tersebut.

Penandatangan MoU ini merupakan awal dari pengadaan bus rapid transit yang nantinya akan diberi nama Bus Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang).

Pengadaan bus rapid transit ini membutuhkan dana hampir Rp13 miliar. Dananya berasal dari Pemkot Binjai dan Pemkab Deli Serdang masing-masing Rp 700 juta.

Sementara Pemkot Medan menyumbang Rp1,2 miliar sedangkan dari Pemprov Sumut dan Kemenhub masing-masing Rp 5 miliar.

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan, Pemprov Sumut bersama Pemkot Medan, Binjai dan Kabupaten Deli Serdang sepakat melakukan penandatangan MoU untuk pengoperasian bus rapid transit ini.

Dia berharap, dengan pengoperasian ini menjadi pemicu untuk penataan transportasi kedepannya untuk lebih baik lagi.

“Rencana pengoperasian bus rapid transit ini diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga Sumatera Utara mempunyai transportasi massal yang bersih, nyaman, dan aman. Sehingga transportasi massal ini dapat membantu mengatasi kemacatan di Sumatera Utara, “ tandas Gatot.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5250 seconds (0.1#10.140)