Ganjar kumpulkan buruh gelar Porseni Tripartit

Kamis, 01 Mei 2014 - 15:21 WIB
Ganjar kumpulkan buruh gelar Porseni Tripartit
Ganjar kumpulkan buruh gelar Porseni Tripartit
A A A
Sindonews.com - Peringatan Hari Buruh Sedunia di Semarang, dipusatkan di kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Berbeda dengan di Jakarta, di sini para buruh melangsungkan kegiatan bukan dengan berdemo. Tetapi dengan sejumlah kegiatan.

Berbagai macam acara yang digelar, di antaranya Pekan Olahraga dan Senin (Porseni) Tripartit Jawa Tengah, lomba tenis meja, menyanyi, hingga pemeriksaan kesehatan gratis, pasar murah, dan sunatan masal. Acara dibuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mengakui, hingga saat ini masih banyak persoalan tentang buruh. Melalui peraturan gubernur yang sedang dibuat, berbagai persoalan tentang buruh diharapkan bisa bertahap diselesaikan.

“Ada empat hal yang jika disepakati akan menyenangkan. Pendidikan (bagi anak–anak buruh), kesehatan, perumahan dan transportasi,” katanya usai membuka kegiatan, Kamis (1/5/2015).

Tuntutan–tuntutan itu, kata Ganjar, memang tidak pernah berhenti. Namun dia optimis ada metode pemecahannya. “Pemerintah tidak ingin intervensi terlalu dalam (pengusaha), berembuk,” lanjutnya.

Pentingnya rembukan antara buruh, perusahaan dan pemerintah, dimaksudkan untuk membahas persoalan kesejahteraan. Agar persepsi tentang hidup layak bagi buruh bisa memperoleh kesepahaman.

“Kelayakan hidup bisa ditentukan bersama, tidak sepihak. Mudah-mudahan bisa jadi kesepakatan,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4368 seconds (0.1#10.140)