Si jago merah lalap masjid dan rumah di Padang

Senin, 28 April 2014 - 21:31 WIB
Si jago merah lalap masjid dan rumah di Padang
Si jago merah lalap masjid dan rumah di Padang
A A A
Sindonews.com - Satu bangunan masjid dan dua rumah warga di RT 2/ RW 3, Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat ludes terbakar pada Senin sore (28/4/2014) sekitar pukul 18.30 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Budi Herwanto menjelaskan berdasarkan informasi api ini berasal dari atas Masjid Nurul Yaqin kemudian api cepat merambat pada dua rumah yang berada disampingnya.

“Api itu berasal dari lantai dua masjid atau di TPA, kemudian karena lantai dua dari kayu api cepat membakar dan langsung ke rumah tetangga,” ujar Budi, Senin sore (28/4/2014).

Petugas Damkar mengerahkan empat unit armada untuk memadamkan api, dari pantauan lokasi kebakaran ini merupakan kawasan perumahan.

Saat pemadaman juga petugas sempat mengalami kesulitan, apalagi lokasi kebakaran lokasi di dalam atau sekitar 50 meter dari jalan raya.

Untuk masuk ke lokasi tersebut hanya bisa jalan kaki atau sepeda motor. Api baru berhasil dijinakkan pada pukul 21.00 WIB.

Sejak bulan Januari 2014 sampai bulan April ini ada sebanyak 78 kasus kebakaran baik kasus kecil maupun kasus besar.

“Selama tiga hari ini ada tiga kasus besar kebakaran dengan ukuran besar, satu pabrik spring bad, Pasar Raya dan masjid ini,” ujarnya.

Penyebab kebakaran dalam kasus tersebut adalah arus pendek, menurut Budi, sebenarnya kasus ini bisa diatasi kalau masyarakat protek terhadap arus pendek terutama instalasi listrik.

“Rata-rata bangunan sudah 10 tahun lebih, dengan kondisi itu instalasi listrik sudah tidak rapi lagi sehingga ini bisa memicu kebakaran, untuk itu masyarakat perlu mencek kembali listrik yang ada di rumah-rumah warga,” katanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3654 seconds (0.1#10.140)