1,5 hektare sawah tergerus luapan Sungai Cikaengan

Senin, 28 April 2014 - 00:33 WIB
1,5 hektare sawah tergerus...
1,5 hektare sawah tergerus luapan Sungai Cikaengan
A A A
Sindonews.com - Luapan air Sungai Cikaengan menggerus areal persawahan seluas 1,5 hektare (Ha) di Kampung Ciaremas, Desa Ciudian, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Berdasarkan laporan terbaru, peristiwa tergerusnya areal persawahan warga ini merupakan dampak dari luapan Sungai Cikaengan yang terjadi pada sore hari," kata Kepala Bagian Informatika Setda Kabupaten Garut Basuki Eko, Minggu (27/4/2014).

Sungai Cikaengan sendiri meluap karena tingginya curah hujan yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Garut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi terkait bencana ini dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hiltikultura (TPH) Kabupaten Garut.

"Koordinasi sudah disampaikan dengan Dinas TPH Garut. Sekarang, berbagai langkah termasuk pendataan berapa luas sawah yang rusak ditangani Dinas TPH Garut," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, UPTD Dinas SDAP Kabupaten Garut di Kecamatan Cikajang mencatat luapan air di sungai yang berhulu Gunung Cikurai ini memiliki ketinggian sekira enam meter pada sore hingga petang tadi. Luapan air sungai dikhawatirkan berdampak buruk pada sejumlah kecamatan yang dilintasinya.

Sungai yang bermuara hingga Samudera Hindia di selatan Pulau Jawa ini setidaknya melintasi beberapa kecamatan di Garut wilayah selatan, yaitu Kecamatan Banjarwangi, Peundeuy, Singajaya, dan lainnya. Di beberapa kecamatan tersebut, sungai ini melintasi areal pertanian dan permukiman warga.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)