Cegah rabies, anjing di Padang diberi vaksin

Jum'at, 25 April 2014 - 11:00 WIB
Cegah rabies, anjing di Padang diberi vaksin
Cegah rabies, anjing di Padang diberi vaksin
A A A
Sindonews.com - Puluhan ekor anjing milik warga di Padang, Sumatra Barat diberi vaksin untuk mengantisipasi ancaman rabies yang sudah menghantui masyarakat di tiga kecamatan sejak Selasa (22/4) lalu.

Pemberian vaksin anti rabies dilakukan di tiga titik yakni Kelurahan Cupak Tangah, Kelurahan Kampung Dalam Binuang, dan Kelurahan Koto Lua. Seluruhnya di Kecamatan Pauh.

Tim ditugaskan untuk mencari anjing-anjing yang berkeliaran dan tidak memiliki tuan, sementara untuk anjing peliharaan, diminta untuk mendatangi pos pemeriksaan yang ditempatkan di sekitar lokasi.

"Para pemilik anjing ini kami minta untuk mendatangi pos yang kami buat, dan akan diberikan suntikan atau vaksin untuk pencegah rabies dan nanti mereka akan diberikan kartu vaksin anjing yang akan diisi setiap enam bulan sekali," imbau Kepala Dinas Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang, Heryanto Rustam, Jumat (25/4/2014).

Dikatakan, tim ini mendatangi rumah warga untuk memberikan vaksin serta menangkap anjing liar yang tidak bertuan. "Kita melakukan pemberian vaksin ini di tiga titik yang dianggap rawan akan ancaman anjing liar," jelas Heryanto Rustam.

Serangan anjing yang terkena rabies kepada masyarakat terjadi sejak Selasa (22/4) di kawasan Simpang Gadut. Serangan anjing rabies ini meluas hingga ke Limau Manis. Setidaknya ada 15 orang warga yang digigit anjing dan dirawat di rumah sakit.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5798 seconds (0.1#10.140)