Ada gerhana bulan, warga muslim gelar salat sunah

Selasa, 15 April 2014 - 15:28 WIB
Ada gerhana bulan, warga muslim gelar salat sunah
Ada gerhana bulan, warga muslim gelar salat sunah
A A A
Sindonews.com - Fenomena alam berupa gerhana bulan total yang terjadi hari ini, disambut sebagian warga dengan menggelar salat sunah gerhana (salat khusuf).

Seperti yang dilakukan warga Kota Binjai, Sumatera Utara. Hampir sebagian warga di Binjai mendatangi masjid dan musala untuk menggelar salat gerhana. Mereka menggelar salat gerhana sekira pukul 13.00 WIB siang.

Di sela salat gerhana, seorang penceramah juga menyampaikan tentang kewajiban seorang muslim untuk melakukan salat sunah jika terjadi gerhana.

"Gerhana bulan adalah salah satu bukti kekuasaan Allah, sekaligus membantah bahwa terjadinya gerhana karena adanya unsur gaib yang malah dapat menyesatkan umat Islam," tutur imam salat gerhana di Binjai, Ustaz Ashadinata.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gerhana bulan total akan terjadi hari ini, Selasa (15/4/2014).

Dan pada 29 April 2014 ada gerhana matahari total. Namun tak semua wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam ini.

Gerhana bulan total dapat diamati dari Indonesia bagian tengah dan timur pada tahap akhir fase gerhana. Fase akhir gerhana itu terjadi pada pukul 15.24 WIB hingga 17.39 WIB sehingga fase akhir gerhana itu bersamaan dengan waktu terbit bulan.

Baca juga:
Di Indonesia, gerhana bulan terlihat pukul 19.30
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3144 seconds (0.1#10.140)