Soal UN untuk tuna netra dibacakan guru pembimbing

Senin, 14 April 2014 - 11:35 WIB
Soal UN untuk tuna netra...
Soal UN untuk tuna netra dibacakan guru pembimbing
A A A
Sindonews.com - Guru pembimbing di MAN Maguwoharjo membacakan soal ujian untuk pelajar difabel karena keterbatasan tidak bisa melihat.

Terdapat tujuh siswa difabel dari 145 siswa peserta ujian nasional hari ini di sekolah yang berada di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Lima siswa dari jurusan IPS, mereka Leni, Nuri, Riska, Wildan, dan Tri Wibowo. Sedangkan dua siswa lainnya dari kelas Agama, yakni Leilatul dan Endang.

"Kita membacakan soal ujian, mereka yang mengisi jawabannya sendiri dengan kertas blailer (khusus untuk siswa yang tak mampu melihat)," kata Marijo, guru pembimbing dan mata pelajaran di sekolah, Senin (14/4/2014).

Jawaban ujian dari peserta difabel tersebut dikoreksi dari Universitas Negeri Yogyakarta. Marijo menyampaikan untuk ujian pertama mata pelajaran bahasa Indonesia.

Selanjutnya, mata pelajaran Geografi bagi Klas IPS untuk jam kedua. Sedangkan bagi klas Agama mata pelajaran Hadits.

"Ujiannya itu berlainan bagi jurusan masing-masing kelas. Kalau MAN itu ada pelajaran al-Hadits, ini juga diuji seperti kelas-kelas yang lain," ujarnya.

Peserta ujian tersebut mengaku sangat terbantu dengan pembacaan soal oleh guru pembimbing. "Waktunya lebih cepat merespon. Tinggal mengisi jawaban dalam kertas yang disediakan," ucap Wildan, salah satu siswa difabel usai ujian.

Marijo menambahkan, untuk pelajar klas 11 (klas 2) ada dua siswa difabel lumpuh pada tangan. Meski bisa melihat dan membaca, namun kedua siswa tersebut tidak mampu menulis. "Ya mungkin tahun depan yang mengerjakan jawaban gurunya," imbuhnya.

Sementara bagi kelas 10 atau 1, ada lima siswa tuna netra (buta). Otomatis, pengerjaannya soal tetap dilakukan sendiri bagi siswa, tetapi guru pembimbing yang membacakan soal seperti saat ujian hari ini.

Kepala Sekolah MAN Maguwo, Aris Fuad menambahkan ada empat siswa yang harus bergabung saat ujian. Keempat siswa itu dari MAN Rudhotul Mutoha, yang tak jauh dari sekolah tersebut.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7701 seconds (0.1#10.140)