Citarum berubah warna, BPLH panggil PT Pindodeli

Minggu, 13 April 2014 - 17:55 WIB
Citarum berubah warna, BPLH panggil PT Pindodeli
Citarum berubah warna, BPLH panggil PT Pindodeli
A A A
Sindonews.com - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang akan memanggil PT Pindodeli terkait aliran Sungai Citarum di Dusun Babakan Bandung, Kelurahan Adiarsa, Kecamatan Karawang Barat yang mendadak berubah warna menjadi merah pekat.

Pemanggilan ini dilakukan karena diduga pencemaran dilakukan oleh PT Pindodeli, lantaran aliran sungai yang tercemar itu tepat berada di bekas pembuangan limbah cair perusahaan tersebut.

Temuan ini berdasarkan sidak yang dilakukan BPLH Karawang di dekat drainase pabrik tersebut, Minggu (13/4/2014).

"Ini sudah pelanggaran. Harusnya, air yang mengalir di drainase pabrik berwarna bening, bukan merah seperti ini," kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BPLH Karawang, Neneng Junengsih, di lokasi, Minggu (13/4/2014).

Menurut dia, hal ini belum dikaitkan dengan temuan aliran Sungai Citarum di Babakan Bandung yang berwarna merah pekat.

"Kita masih perlu waktu untuk mendapatkan kebenaran atas keterkaitan indikasi pencemaran tersebut. Jika nanti ditemukan ada kaitannya, perusahaan tersebut terancam akan dicabut izin operasionalnya," kata Neneng.

Sementara itu, Staf di Bagian Pengelolaan Lingkungan PT Pindodeli Sardiman membantah, kalau indikasi pencemaran air di aliran Sungai Citarum Babakan Bandung, Adiarsa, dilakukan oleh perusahaannya.

"Kami sudah lama tidak menggunakan saluran pembuangan di Babakan Bandung. Aliran pembuangan sudah kami pindahkan ke pipa pembuangan baru yang dialirkan ke daerah Gorowong," kilahnya.

Baca juga :
Sungai Citarum kembali berubah warna menjadi merah
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)
pixels