2 pesawat tempur TNI AU sergap pesawat asing di Medan

Kamis, 10 April 2014 - 16:58 WIB
2 pesawat tempur TNI AU sergap pesawat asing di Medan
2 pesawat tempur TNI AU sergap pesawat asing di Medan
A A A
Sindonews.com - Sebuah pesawat jenis Cessna milik asing, siang tadi, dikepung dua pesawat jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) saat melintas di Sumatera Utara (Sumut).

Pesawat bernomor lambung N543 JX itu nampak dipepet hingga kemudian dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, sekira pukul 12.44 WIB.

Berdasarkan pengamatan, pilot yang berada di dalam pesawat tersebut kemudian dikepung anggota pasukan TNI AU bersenjata lengkap, hingga akhirnya sang pilot keluar dari dalam pesawatnya.

Menurut Keterangan Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Sungkono, pesawat tersebut diawaki seorang pilot berkewarganegaraan Swedia.

"Pesawat itu tertangkap radar kami saat berada di sebelah barat Meulaboh, Aceh. Kami pun menyiapkan penjemputan paksa di sini (Lanud Soewondo)," tutur Sungkono, Kamis (10/4/2014).

Sungkono menjelaskan, pesawat jenis Swearingen SX 300 itu diawaki Hang Pier (65), warga Swedia. Kendati demikian pihaknya mengaku belum bisa berbicara banyak karena sang pilot masih dalam pemeriksaan.

"Pesawat itu tidak punya izin terbang saat kita minta surat-surat kelengkapan terbang," tutur Sungkono.

Hingga berita ini diturunkan, petugas dari TNI AU masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Hang Pier.

Baca juga:
Disergap TNI AU, pesawat asing itu menuju Singapura
Detik-detik pesawat jet TNI AU giring pesawat asing

(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4873 seconds (0.1#10.140)