Dana bencana APBN setengah dihabiskan untuk Riau

Jum'at, 04 April 2014 - 18:54 WIB
Dana bencana APBN setengah dihabiskan untuk Riau
Dana bencana APBN setengah dihabiskan untuk Riau
A A A
Sindonews.com - Kerugian akibat dampak kabut asap tidak hanya melumpuhkan ekonomi, kesehatan dan menganggu aktivitas belajar mengajar. Bancana tahunan ini juga menyebabkan uang rakyat dari APBN terkuras.

Untuk biaya tanggap darurat asap Riau 2014 yang dilaksanakan mulai pertengahan Febuari hingga 4 April ini, sudah Rp164 miliar yang bersumber dari APBN.

"Sampai hari ini dana dari APBN untuk penanggulangan asap sudah terpakai sekira Rp164 miliar," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Jumat (4/4/2014).

Dana Rp146 merupakan sebagian anggaran BNPB untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan di sembilan provinsi termasuk Riau yang totalnya Rp300 miliar. Ini artinya sudah hampir separuh dana penanggulangan kabut asap habis di Riau.

Sutopo merincikan dana Rp146 miliar itu paling banyak dihabiskan bagian Satgas udara.

"Dana yang mahal adalah penyewaan sejumlah heli seperti skorsky, camov yang kita sewa dari luar negeri untuk melakukan bom air," imbuhnya.

Dia menyatakan anggaran untuk pemadam kebakaran hutan dan lahan akan terus bertambah. Itu karena sejumlah heli maupun pesawat untuk melakukan menyemaian awan untuk hujan buatan masih terus bekerja, walau tanggap darurat asap telah usai.

"Karena pada bulan Mei nanti, terjadi musim kering yang berkepanjangan. Ini harus diantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan kedepannya tidak parah," tukasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6623 seconds (0.1#10.140)
pixels