4 kabupaten di Jateng siaga gelombang tsunami

Rabu, 02 April 2014 - 17:25 WIB
4 kabupaten di Jateng siaga gelombang tsunami
4 kabupaten di Jateng siaga gelombang tsunami
A A A
Sindonews.com - Empat kabupaten di pantai selatan Jawa Tengah diimbau waspada terhadap potensi gelombang tsunami. Masing–masing Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Purworejo, dan Kabupaten Wonogiri.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, empat BPBD di masing–masing kabupaten itu sudah diberikan imbauan agar waspada.

“Perkiraan tsunami itu sampai di selatan Jateng (Samudra Hindia) besok (Kamis). Saya sudah laporkan ke gubernur dan wakil gubernur. Kemungkinan tinggi potensi tsunami itu 0–0,5 meter. Itu waspada, hanya anak–anak kecil (agar menjauhi pantai),” katanya, saat dihubungi wartawan, Rabu (2/4/2014).

Peringatan ini, diketahui setelah Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia.

“Sirine sudah ada, di Cilacap itu yang paling bagus. Dan masyarakatnya sudah mempunyai kesadaran, sudah hebat. Bahkan sudah jadi acuan internasional. Mudah–mudahan tidak terjadi hal buruk,” lanjutnya.

Selain Jawa Tengah, beberapa wilayah di Indonesia juga terkena gelombang langsung tsunami. Mulai dari pesisir Provinsi Papua, seperti Kota Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak, Numfor, dan Supiori.

Selain itu, sejumlah daerah pesisir yang ada di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Banten, Jawa Timur, DIY, Jateng, Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Sulawesi dan Kalimantan Timur.

Baca juga:
10 kabupaten & kota di Papua terimbas tsunami Chili
Terancam gelombang tsunami, warga Papua berserah kepada Tuhan
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7987 seconds (0.1#10.140)