Air Sungai Citarum mendadak berwarna merah darah

Jum'at, 28 Maret 2014 - 17:58 WIB
Air Sungai Citarum mendadak berwarna merah darah
Air Sungai Citarum mendadak berwarna merah darah
A A A
Sindonews.com - Air Sungai Citarum di Karawang, Jawa Barat mendadak berwarna merah. Kondisi terparah perubahan warna Sungai Citarum, terjadi di bawah Jembatan Galuh Mas, Telukjambe Karawang.

Di bawah jembatan yang menghubungkan wilayah Telukjambe dengan perkotaan Karawang ini, air Sungai Citarum yang mengalir dari Walahar hingga Tanjungpura, berwarna merah, seperti darah.

Akibatnya ratusan ikan terlihat mengambang di sungai tersebut. Tentu saja, perubahan warna air sungai yang mendadak ini membuat geger warga.

Mardi (47) warga bantaran air Sungai Citarum di kawasan Telukjambe menuturkan, pertama kali dirinya melihat air Sungai Citarum berubah warna menjadi merah, ketika dirinya hendak mencari ikan di sungai tersebut.

Mardi yang kesehariannya menggantungkan nafkahnya pada pencarian ikan di Sungai Citarum, mengaku kaget ketika dilihatnya air sungai berwarna merah seperti darah.

"Saat itu pukul 06.00 WIB. Saya mau mencari ikan, begitu lihat air sungai ternyata warna merah seperti darah. Saya sempat kaget,"ujarnya, Jumat (28/3/2014).

Karena itu lelaki paruh baya ini mengurungkan niatnya untuk mencari ikan lantaran takut dengan kondisi air seperti itu.

Ironisnya, mendapati kondisi demikian, pihak Pemkab Karawang juga Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang seakan tutup mata.

Tak ada tindakan yang dilakukan pihak tersebut, meski secara jelas dan terlihat kalau kondisi air Sungai Citarum berubah warna menjadi merah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7574 seconds (0.1#10.140)