Pemerintah diminta tegas terhadap pembakaran di Riau

Kamis, 13 Maret 2014 - 14:59 WIB
Pemerintah diminta tegas terhadap pembakaran di Riau
Pemerintah diminta tegas terhadap pembakaran di Riau
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi III DPR RI, Taslim Chaniago meminta penegak hukum tidak setengah hati dalam pengusutan kasus pembakaran hutan di Riau.

"Pelaku harus dihukum berat, karena pembakaran hutan di Riau sudah sering terjadi, dan mana efek jeranya," tegas Taslim dalam siaran persnya Kamis (13/3/2014).

Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu, kebakaran di Riau sudah bisa dikategorikan kejahatan yang luar biasa. Sebab, dampak kabut asap yang ditimbulkannya sudah meresahkan jutaan jiwa masyarakat, terutama di provinsi Riau sendiri dan Sumatra Barat.

Akibat kabut asap, puluhan ribu siswa sekolah terpaksa diliburkan karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan. Banyak masyarakat terkena Ispa, dan bahkan banyak juga dengan terpaksa berhenti sementara untuk bekerja.

Selain itu dampak ekonominya, sejak beberapa waktu belakangan ini banyak meskapai penerbangan yang tidak bisa terbang akibat kabut asap.

"Coba dibayangkan berapa kerugian yang ditimbulkan, jika dikalkulasikan berapa kerugiannya," ujar Ketua DPP Pemuda Muhammadiyah ini.

Menyusul kabut tersebut sudah sangat meresahkan, Taslim menegaskan penegak hukum harus menghukum seberat-beratnya para pelaku pembakaran tersebut. Dan jika ada perusahaan yang terlibat, pihak berwenang secara tegas harus mencabut izinnya.

"Ini tidak bisa ditolerir lagi, jika penegakan hukum tidak tegas, saya yakin kejadian seperti ini akan terus terjadi," ujar taslim.

Baca juga:
Pembakaran hutan di Riau, dimana penegak hukum?
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6288 seconds (0.1#10.140)