Ini 23 gunung yang patut diwaspadai

Selasa, 11 Maret 2014 - 07:52 WIB
Ini 23 gunung yang patut diwaspadai
Ini 23 gunung yang patut diwaspadai
A A A
Sindonews.com - Saat ini terdapat 19 gunung berapi di Indonesia dengan status Waspada. 19 gunung itu antara lain, Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono dan Kerinci

Dari situs www.vsi.esdm.go.id, disebutkan satu gunung dalam status Awas saat ini Gunung Sinabung. Sedangkan Gunung Krangetang, Rokatenda dan Lokon berstatus Siaga.

Gunung Slamet merupakan gunung yang baru saja ditingkatkan statusnya dari normal ke Waspada. Kenaikan status itu dilakukan karena Gunung terletak di perbatasan lima kabupaten ini menunjukan peningkatan aktivitas. Terdapat gempa embusan dan asap embusan cukup tebal.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental maka terhitung tanggal 10 Maret 2014 pukul 21:00 WIB status kegiatan Gunung Slamet dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II)," kata Kepala Pusat Informasi Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (11/3/2014).

Sehubungan dengan peningkatan status tersebut, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan meningkatkan pemantauan secara intensif guna melakukan evaluasi kegiatan Gunung Slamet dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

Baca juga:
BPBD harus sosialisasikan status Slamet ke masyarakat
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7817 seconds (0.1#10.140)