Nikmatnya kue balok khas Pandeglang!

Senin, 10 Maret 2014 - 05:19 WIB
Nikmatnya kue balok khas Pandeglang!
Nikmatnya kue balok khas Pandeglang!
A A A
Sindonews.com - Kue balok merupakan jajanan asli khas Pandegalang. Kue ini selalu dicari wisatawan lokal maupun mancanegara, saat berlibur ke Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tidak hanya itu, kue yang terbuat dari singkong ini juga banyak disukai oleh wisatawan dari Timur Tengah, baik sebagai buah tangan (oleh-oleh) maupun untuk disantap di tempat.

"Yang sering makan di sini atau di bawa pulang, selain wisatawan lokal, banyak juga dari Arab, Iran, dan Qatar," kata Enjuh (75), pedagang kue balok, saat ditemui Sindonews, di Jalan Raya Carita-Labuan KM14, Desa Babakan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandegalang, Minggu (9/3/2014).

Toko kue balok Enjuh buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Dalam sehari, Enjuh bisa menghabiskan dua kwintal singkong. Sementara itu, kue yang cocok disantap bersama segelas bandrek ini juga selalu ramai di saat akhir pekan.

Lebih jauh, Enjuh menjelaskan bagaimana cara membuat kue balok. Pertama-tama, pilih singkong yang memiliki kualitas baik, setelah itu dikupas kulitnya. Selanjutnya singkong dikukus selama 45 menit dan diangkat.

Disaat panas, singkong ditumbuk secara manual selama 15 menit hingga halus. Sebelum disantap, adonan dipotong kecil-kecil dan kue balok siap menemani waktu luang.

Kue balok bisa disantap dengan serundeng yang terbuat dari kelapa parut yang gula merah, dan ditambahkan bawang goreng untuk menciptkan rasa yang gurih. Selamat mencoba.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)