Sisa kebakaran di depan Pasar Ratu Jepara dibongkar

Jum'at, 28 Februari 2014 - 15:48 WIB
Sisa kebakaran di depan...
Sisa kebakaran di depan Pasar Ratu Jepara dibongkar
A A A
Sindonews.com - Sebuah alat berat jenis backhoe, pagi sekitar pukul 08.00 WIB terpaksa diturunkan ke lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Untung Suropati, Jepara, Jawa Tengah.

Alat berat tersebut dikerahkan untuk membongkar pintu teralis besi toko-toko yang dilalap si jago merah.

Sedikitnya ada enam bangunan toko dan gudang di depan Pasar Jepara Satu (Ratu) yang terbakar dini hari tadi sekitar pukul 00.30 WIB. Petugas pemadam kebakaran kewalahan menjinakkan api karena tak bisa masuk ke dalam bagian dalam toko dan gudang yang terbakar.

Pasalnya pintu toko dan gudang itu terbuat dari teralis besi dan tertutup rapat. Pemilik toko dan sekaligus gudang juga tidak diketahui keberadaannya sehingga petugas hanya bisa memadamkan api dari luar bangunan.

"Jadi kita tak punya akses memadai untuk memadamkan api. Makanya hingga berjam-jam api tak kunjung padam," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Jepara, Surana, Jumat (28/2/2014).

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari berbagai instansi seperti Pemkab Jepara, PLTU TJB, Mebel Kota Jati, PR Djarum dan Sukun Kudus sudah diterjunkan di lokasi tapi hasilnya tak maksimal.

Petugas pun berusaha membuka pintu teralis toko dengan cara melilitkan kawat besar dan dikaitkan dengan mobil SAR milik BPBD Jepara. Namun upaya ini tak berhasil optimal.

Akhirnya petugas pun menerjunkan backhoe milik Dinas Bina Marga, Pengairan dan ESDM Kabupaten Jepara. Backhoe itu pun langsung menghantam pintu teralis toko dan gudang tersebut.

Sekitar satu menit kemudian, pintu teralis terbuka dan terlihat api masih menyala di dalam bangunan. Api benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 09.00 WIB. Barang-barang bekas dilalap api dikeluarkan dari bangunan untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya titik api.

"Berpijak dari peristiwa ini kami imbau warga agar lebih waspada karena kebakaran bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam," tandas Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi saat ditemui di lokasi kejadian.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1281 seconds (0.1#10.140)