BNPB siapkan operasi atasi bencana asap

Kamis, 27 Februari 2014 - 16:19 WIB
BNPB siapkan operasi atasi bencana asap
BNPB siapkan operasi atasi bencana asap
A A A
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi bencana asap di sejumlah provinsi, BNPB telah melakukan rakor dengan kementerian, lembaga, BPBD dan pemda. Pemda tetap sebagai penanggung jawab yang didukung oleh Pemerintah Pusat. Kemenkokesra sebagai koordinator, dan BNPB sebagai pemegang komando didukung oleh kementerian/lembaga.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho,
pemadaman asap akan dilakukan dalam tiga operasi, yaitu operasi darat, udara, dan penegakan hukum serta sosialisasi.

"Untuk operasi di darat, BNPB telah meminta dukungan TNI-AD sebanyak 2 batalyon. Berkoordinasi dengan Kemenhut untuk menggerakkan 1.755 personil Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api. Kepada Polri, PPNS di Kemenhut, Kementan dan KLH agar meningkatan penegakan hukum dan sosialisasi, "kata Sutopo sesuai rilis yang dikirimkan ke Sindonews, Kamis (27/2/2014).

Sedangkan untuk operasi di udara, maka akan dilakukan water bombing dan modifikasi cuaca atau hujan buatan. Sebanyak 2 pesawat amphibi BE-200, 2 helicopter Kamov, 2 helicopter Sikorsky, dan 4 helicopter Bolco akan dikerahkan untuk water bombing.

Sementara untuk modifikasi cuaca akan digunakan 2 pesawat Hercules C-130 dan 6 pesawat Casa 212. Semua akan dioperasikan di Sumatera dan Kalimantan sesuai kebutuhan.

Baca juga :
Kabut asap di Padang mengkhawatirkan, jarak pandang 700 meter
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3952 seconds (0.1#10.140)