Alex Noerdin pertanyakan penundaan pembangunan Tol Sumatera

Rabu, 26 Februari 2014 - 21:54 WIB
Alex Noerdin pertanyakan penundaan pembangunan Tol Sumatera
Alex Noerdin pertanyakan penundaan pembangunan Tol Sumatera
A A A
Sindonews.com - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mempertanyakan pernyataan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto tentang penundaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) karena alasan tidak tersedianya alokasi anggaran.Sehingga menurut Joko Kirmanto Pembangunan JTTS tidak akan terlaksana pada tahun ini.

Alex merasa heran kenapa Pemerintah Pusat tidak menganggarkan pembangunan jalan itu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Sebab, menurut dia, Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika menjabat sebagai pelaksana tugas Menteri Keuangan telah menyiapkan dana Rp5 triliun (total anggaran).

"Rinciannya yaitu Rp2 trilun pada tahun 2013 dan Rp3 triliun pada tahun Anggaran 2014 dalam bentuk penyertaan modal pada PT Hutama Karya (HK)," ungkap H Alex Noerdin usai menghadiri acara Sumatera CSR Summit, Selasa (25/2/2014) di Hotel Aryaduta Palembang yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Menurut Alex, padahal Pemprov Sumsel sudah sangat serius menyikapi pembangunan jalan tersebut. Bahkan Pemprov Sumsel menurutnya sempat menyediakan dana untuk ganti rugi lewat APBD untuk pembebasan lahan, baik dari sosialisasi sampai alokasi APBD untuk ganti rugi. "Kita juga sempat sosialisasi untuk pembebasan lahannya," kata Alex.

Alex menyatakan, jika pihaknya diberi wewenang lebih maka dipastikan pembangunan sudah terlaksana. Apalagi sebenarnya bisa dilakukan tender dengan pihak investor untuk pembangunan proyek itu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6931 seconds (0.1#10.140)