Warga di Lereng Merbabu diimbau tenang & waspada

Selasa, 18 Februari 2014 - 07:01 WIB
Warga di Lereng Merbabu diimbau tenang & waspada
Warga di Lereng Merbabu diimbau tenang & waspada
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengimbau warga di lereng Merbabu tetap tenang namun waspada.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja, Subandriyo mengatakan, dentuman keras diselingi guncangan yang terjadi Senin pagi kemarin bukan disebabkan oleh gempa vulkanik namun gempa tektonik lokal.

Pospengamatan Gunung Merapi di Selo yang merupakan pos terdekat dari Merbabu tidak mencatat aktivitas menonjol dari gunung trsebut.

"Demikian pula di stasiun Deles, Pusunglondon & Plawangan saat terdengar dentuman merekam gempa tektonik lokal kecil. Namun stasiun Selo dan Jrakah tidak merasakan getaran apapun," jelasnya, Selasa (18/2/2014).

Dia mengimbau warga agar tetap tenang dan waspada. Adapun kesimpulan, guncangan itu adalah gempa tektonik yang terjadi karena gesekan antara lempeng bumi.
"Bukan gempa vulkanik, yang terjadi karena aktivitas magma ketika gunung akan meletus," tuturnya.

Gempa tersebut berkekuatan 2,7 SR dengan kedalaman 17 kilometer.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa bumi mengguncang wilayah Dusun Piji dan Krajan, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, pagi tadi.

Gempa yang terjadi sekira pukul 06.00 WIB itu mengakibatkan sebanyak 17 rumah warga mengalami rusak sedang dan puluhan rumah warga lainnya rusak ringan.

Informasi yang dihimpun SINDO di lokasi kejadian menyebutkan, gempa terjadi selama sekira empat detik. Sebelumnya terlihat kilat dari arah Gunung Merbabu. Kilat tersebut terlihat bersahutan yang disertai dengan suara ledakan yang sangat keras dan disusul gempa yang cukup kuat. Atap puluhan rumah puluhan warga langsung rusak dan banyak tembok yang retak.

Ribuan warga panik dan berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri dari reruntuhan genting dan anternit yang ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya kerugian material yang diderita puluhan warga akibat gempa ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4359 seconds (0.1#10.140)