Kopral Partika orasi dukung KRI Usman Harun

Senin, 10 Februari 2014 - 19:36 WIB
Kopral Partika orasi dukung KRI Usman Harun
Kopral Partika orasi dukung KRI Usman Harun
A A A
Sindonews.com - Kopral Kepala (Kopka) Partika Subagyo, seorang anggota TNI AD aktif menggelar aksi mengejutkan di Stadion Mahanan Solo.

Dengan mengenakan seragam lengkap, prajurit yang sehari-hari berdinas di Detasemen Polisi Militer Solo ini berlari-lari dan berteriak memberikan dukungan terhadap pemberian nama KRI Usman Harun untuk kapal baru TNI AL.

Sambil membawa poster berisi dukungan, Partika meneriakkan orasinya. Aksi tunggal di depan pintu masuk Stadion Manahan ini cukup menyita perhatian warga Solo.

Partika mengatakan, aksinya itu dilakukan sendirian sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah yang akan memberikan nama Usman Harun terhadap kapal TNI AL tapi mendapat penolakan dari Pemerintah Singapura.

"Ini dukungan kepada Negara Indonesia, dalam memberikan nama KRI baru Usman Harun yang dikecam keras oleh negara Singapura," tukasnya, Senin (10/2/2014).

Menurut dia, Usman Harun pahlawan bagi Indonesia. Pada 1965, dua anggota Marinir TNI AL dikirim ke Singapura untuk mengebom MC Donald di Orchard Road.

"Serangan itu bagian dari upaya yang dilakukan Presiden Soekarno dalam melawan federasi yang baru terbentuk di Malaysia mencakup Singapura," lanjut Partika.

Partika juga meminta agar nama Usman Harun tidak saja dijadikan nama KRI tapi juga untuk nama gedung, bus, truk dan benda penting lainnya.

"Generasi muda saat ini banyak yang tidak mengenal sosok Usman Harun," tukasnya lagi.

Dia berharap pemerintah RI tidak terpengaruh dengan kecaman Singapura itu dan tetap memberi nama KRI Usman Harun.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5073 seconds (0.1#10.140)