Ini 5 wilayah paling rawan awan panas Sinabung

Senin, 03 Februari 2014 - 16:32 WIB
Ini 5 wilayah paling...
Ini 5 wilayah paling rawan awan panas Sinabung
A A A
Sindonews.com - Petugas keamanan hingga kini terus memperketat area penjagaan di lokasi rawan di Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, pihaknya bersama petugas keamanan terus memperketat lokasi rawan sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"PVMBG merekomendasikan radius 5 km harus kosong dari aktivitas penduduk. Penjagaan diperketat agar masyarakat tidak dapat masuk ke zona berbahaya," jelas Sutopo, Senin (3/2/2014).

Menurutnya, sebanyak lima desa yang sangat berbahaya di radius 3 - 3,5 km yakni Desa Sukameriah, Bekerah, Simacem, Sigarang-garang dan Sukanalu. "Jangan masuk pada daerah tersebut," tegas Sutopo.

Sementara itu, Tim Search and Rescue (SAR) gabungan hari ini terus melakukan evakuasi terhadap para warga yang diduga menjadi korban luncuran awan panas Gunung Sinabung.

Sutopo menyatakan, tim SAR gabungan itu terdiri dari 35 orang anggota Kodim 0205 TK, 30 orang anggota dari Yon 125/SMB, 41 anggota Brimob, 20 orang anggota Basarnas, 10 anggota Satpol PP dan 34 orang relawan.

"Hingga saat ini jumlah korban awan panas Gunung Sinabung masih 15 orang meninggal. Yang terdiri dari tujuh mahasiswa, empat pelajar, tiga warga Sukameriah dan satu warga Kabanjahe. Sementara korban luka saat ini ada sekira tiga korban," jelas Sutopo.

Baca:
Sinabung kembali erupsi, evakuasi korban dihentikan
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1889 seconds (0.1#10.140)