3 bulan 2 kali insiden heli di Kaltara

Rabu, 22 Januari 2014 - 22:23 WIB
3 bulan 2 kali insiden...
3 bulan 2 kali insiden heli di Kaltara
A A A
Sindonews.com - Sebenarnya belum hilang dari ingatan kita, kecelakaan heli belum lama ini juga terjadi di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) tepatnya November 2013 lalu. Dalam insiden tersebut, 19 orang tewas.

Hampir sama dengan kejadian hilangnya Heli Bell-412 ini, saat itu Heli MI -17 juga berangkat dari Bandara Juwata Tarakan membawa logistik. Saat itu, MI-17 hilang kontak dan ditemukan jatuh terbakar di Pos Buton, Malinau.

Menurut informasi dari warga Kaltara, kawasan yang dilintasi penerbangan dari Juwata menuju Long Bawan merupakan Hutan Taman Nasional Kayen Mentarang. Beberapa wilayah tidak bisa dilalui jalur darat dan harus menggunakan jalur udara.

"Di sana hutan belantara, ada beberapa daerah yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara," tutur Udin salah seorang warga Kaltara, Rabu (22/1/2014).

Kemungkinan Heli Bell-412 yang hilang itu melakukan pendaratan darurat sangatlah kecil. Sebab, di sana wilayahnya penuh dengan hutan-hutan belantara.

"Kondisi geografisnya demikian, tapi kami semua berharap heli yang hilang itu seluruh penumpangnya selamat," kata Udin.

Diberitakan sebelumnya, Heli milik TNI AD hilang kontak saat melakukan penerbangan di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Helikopter tersebut merupakan heli tipe Bell 412 dengan nomor registrasi HA5166 POB 10.

Informasi sementara yang berhasil dihimpun dari salah satu personel AD di Malinau menyebutkan, helikopter tersebut hilang kontak dengan ATC Bandara Long Bawan, Malinau sekira pukul 14.00 Wita. Sejak hilang kontak itu, hingga kini tak diketahui keberadaannya.

“Belum bisa diidentifikasi apakah heli tersebut jatuh atau seperti apa, termasuk korban jiwa,” katanya, Rabu (22/1/2014).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7956 seconds (0.1#10.140)