Sinabung meletus, Capricornis Sumatraensis turun gunung

Rabu, 22 Januari 2014 - 19:10 WIB
Sinabung meletus, Capricornis Sumatraensis turun gunung
Sinabung meletus, Capricornis Sumatraensis turun gunung
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berhasil mengamankan satu ekor kambing Sumatera di Berastepu. Kambing itu diduga turun gunung, saat terjadinya letusan Gunung Sinabung.

Dilansir situs resmi Pemda Kabupaten Karo, kambing berwarna hitam itu telah diobservasi oleh petugas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan hasilnya, kambing (beider) yang ditemukan di Berastepu itu adalah kambing Sumatera yang sangat langka.

Nama ilmiahnya kambing itu adalah Capricornis Sumatraensis. Berdasarkan data dari berbagai sumber, kambing hutan yang biasa hidup di Pulau Sumatera ini populasinya sudah sangat sedikit. Sehingga perlu dilestarikan.

Populasi kambing gunung ini mulai habis sedikit demi sedikit akibat maraknya perambahan hutan secara liar. Hewan ini, masih ke dalam daftar hewan yang sangat langka dan tidak boleh diburu atau eppendices I.

Letusan Gunung Sinabung, bukan hanya mengakibatkan ribuan warga di sekitar kaki gunung. Tetapi juga mengakibatkan hewan langka yang berada di hutan Sinabung mati, seperti kucing hutan dan binatang langka lainnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9442 seconds (0.1#10.140)