Stadion Nglegok digelontor Rp12,5 M

Sabtu, 18 Januari 2014 - 02:44 WIB
Stadion Nglegok digelontor Rp12,5 M
Stadion Nglegok digelontor Rp12,5 M
A A A
Sindonews.com - Pembangunan Stadion Nglegok Kabupaten Blitar kembali berlanjut. Setelah sempat dihentikan, pemkab kembali menggelontor anggaran sebesar Rp12,5 miliar.

Pemkab berkeinginan gelanggang olahraga yang diplot akan menghabiskan anggaran Rp78 miliar tersebut segera bisa terwujud.

"Tahun ini pembangunan stadion dialokasikan lagi dalam APBD 2014," ujar Kepala Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Blitar Sumantri kepada wartawan, kemarin.

Sebelumnya DPRD setempat meminta eksekutif untuk menghentikan pembangunan. Sebab dari hasil konsultasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, pemerintah pusat telah menghentikan bantuan. Pemerintah pusat memastikan hanya sekali memberi dana stimulus sebesar Rp 3 miliar.

Menurut Sumantri, dana Rp12,5 miliar rencananya akan digunakan untuk pembangunan tribun utama.

Kemudian juga untuk badan lapangan dan menuntaskan pembangunan lintasan atletik.
"Sehingga PR awal dari stadion bisa segera terselesaikan, " terangnya.

Rencananya, stadion yang berdiri diatas tanah seluas 4,9 hektare tersebut berkapasitas penonton 40 ribu jiwa.

Berdasarkan data yang dihimpun, pembangunan area parkir dan pemasangan tiang pancang pertama telah menyedot anggaran Rp3 miliar. Pembangunan badan lapangan, drainase dan tribun menyerap dana Rp 11 miliar.

Kemudian pembangunan tribun ekonomi sebesar Rp13 miliar serta kios sepanjang stadion yang diperkirakan menelan anggaran Rp 25 miliar.

Wakil Bupati Blitar Rijanto menambahkan bahwa pada tahun 2014 ini dirinya berharap stadion Nglegok sudah bisa difungsikan untuk kegiatan olahraga. "Sebab selama ini Kabupaten Blitar belum memiliki stadion yang representatif, " tambahnya.

Menanggapi hal itu terpisah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib menyatakan mendukung sepenuhnya pembangunan. Setidaknya, masyarakat Kabupaten Blitar akan memiliki fasilitas ruang olahraga yang lebih memadai.

"Dan harapanya, prestasi di bidang olahraga hendaknya bisa lebih meningkat, "ujarnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2707 seconds (0.1#10.140)