Tim Dephut selidiki kematian singa di KBS

Jum'at, 10 Januari 2014 - 16:59 WIB
Tim Dephut selidiki...
Tim Dephut selidiki kematian singa di KBS
A A A
Sindonews.com - Tim Investigasi Depertemen Kehutanan (Dephut) melakukan investigasi kematian singa Afrika, di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Saat ini, tim masih mengumpul sejumlah keterangan terkait KBS.

Kepala Sub Direktorat Penyidikkan Wilayah I Kementerian Kehutanan Hariono mengatakan, pihaknya terjun ke KBS atas perintah dari Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan.

"Bahwa Kemenhut ini sangat concern sekali dengan peristiwa ini. Kami memang datang untuk mengungkap kematian singa Afrika itu," kata Hariono, di KBS, Jumat (10/1/2014).

Tim Investigasi Dephut ini berada di KBS selama tiga hari. Dalam rentan waktu itu, tim harus bisa mengungkap kematian singa. Termasuk mengetahui sejumlah permasalahan di KBS. Salah satunya adalah persoalan kandang hewan.

"Tim masih menggali data dan mengumpulkan keterangan di KBS, jadi hasilnya belum bisa diungkapkan," terangnya.

Rencananya, tim tersebut juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang sudah melakukan olah TKP di kandang singa.

"Kemenhut menaruh perhatian khusus terhadap kematian satwa, tidak hanya di KBS. Beberapa waktu juga ada tim yang diturunkan ke Aceh untuk menyelidiki kematian gajah di Bumi Serambi Mekkah itu," sambungnya.

Setibanya di KBS, Tim Departemen Kehutanan langsung meninjau lokasi kematian singa berusia dua tahun itu. Di kandang Michael ini, petugas memeriksa pintu dan tali selingnya.

Pasalnya, dengan tali seling yang terbuat dari baja itulah, Singa Afrika ini mati tergantung. Rencananya, setelah bertemu dengan pihak kepolisian, Tim Investigasi Dephut akan bertemu dengan LSM pemerhati satwa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0773 seconds (0.1#10.140)