Belasan warga keracunan hidangan pesta

Minggu, 05 Januari 2014 - 14:28 WIB
Belasan warga keracunan hidangan pesta
Belasan warga keracunan hidangan pesta
A A A
Sindonews.com - Belasan warga Desa Menjangan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan dirawat di RSUD Kajen, usai menyantap hidangan pesta akikah.

Diduga mereka mengalami keracunan. Untuk memastikan, dinas kesehatan setempat akan mengambil sampel makanan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.

Tercatat, jumlah warga yang masuk ke RSUD Kajen ada 15 orang. 11 orang di antaranya terpaksa rawat inap, dan sisanya berobat jalan.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi, para korban sebelumnya menghadiri pesta akikah yang dihelat di salah satu rumah warga Desa Menjangan, Jumat 3 Januri 2014.

Dalam hajat tersebut, sejumlah warga menyantap hidangan yang disediakan. Malamnya, sejumlah warga yang tadi hadir mengeluh sakit dan mual.

“Makan gulai kambing akikahan pada Jumat. Kemudian, mulai mual-mual dan pusing,” kata salah satu korban keracunan, Rondiyah di Kabupaten Pekalongan, Minggu.

Ternyata, tidak hanya dia melainkan belasan orang warga lainnya mengalami hal serupa. Beberapa warga ada yang memeriksakan diri ke mantri.

Salah satu petugas dokter di RSUD Kajen, dr Sakti kepada wartawan mengatakan, para korban saat ini masih mendapat perawatan intensif.

“Baru periksa pagi ini (Minggu, 5 Januari) jam 10.00. Disebabkan karena keracunan makanan untuk sementara ini,” katanya.

Kondisi para korban saat ini terlihat stabil. Pihaknya mengusulkan opname setidaknya 1 hari untuk mengetahui tingkat kesehatan mereka.

Untuk mengurangi rasa sakit, petugas medis telah memberikan obat seperti obat anti keracunan, obat mencret, dan obat mengurangi mual.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6747 seconds (0.1#10.140)