Jabar siaga darurat longsor & banjir

Jum'at, 27 Desember 2013 - 16:38 WIB
Jabar siaga darurat longsor & banjir
Jabar siaga darurat longsor & banjir
A A A
Sindonews.com - Dalam kurun waktu empat bulan ke depan, Jawa Barat menetapkan status siaga darurat bencana longsor dan banjir. Itu sesuai dengan surat keputusan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

"Terhitung mulai 17 Desember hingga 30 April 2014 diputuskan wilayah Jawa Barat dalam keadaan siaga darurat," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budiman, M.Kes, saat ditemui di Kantor BPBD Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (27/12/2013).

Dengan status itu, BPBD mengupayakan kesiapsiagaan untuk meminimalikan kemungkinan terjadinya bencana. Salah satu yang dilakukan adalah memantau lokasi yang disinyalir rawan longsor dan banjir.

"Personel dan berbagai peralatan juga sudah kita siapkan," ucapnya.

Logistik dan keperluan lainnya juga sudah disiapkan, salah satunya posko pengungsian di berbagai daerah. "Jadi kalau terjadi sesuatu, kita sudah siap," ujar Budiman.

Soal potensi bencana, ia menyebut semua daerah di Jawa Barat memiliki potensi bencana masing-masing. "Semua daerah di Jawa Barat punya potensi bencana," ucapnya.

Untuk Jawa Barat bagian utara misalnya, bencana yang rawan terjadi adalah banjir. Sedangkan Jawa Barat bagian selatan berpotensi terjadi longsor. Selain longsor dan banjir, bencana yang memungkinkan terjadi di Jawa Barat adalah angin puting beliung.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7113 seconds (0.1#10.140)