Ratusan hektare padi di Kulonprogo terendam

Sabtu, 21 Desember 2013 - 16:40 WIB
Ratusan hektare padi...
Ratusan hektare padi di Kulonprogo terendam
A A A
Sindonews.com - Ratusan hektar area persawahan di Kabupaten Kulonprogo, masih tergenang air. Hujan yang terus mengguyur menjadikan air sulit untuk menurun. Para petani sendiri hanya bisa pasrah dan terancam gagal panen.

Genangan air ini banyak merendam lahan pertanian di Kecamatan Galur, Lendah, Panjatan, Temon dan Wates. Hujan yang terus turun menjadikan air tidak kunjung surut. Luapan air dari Sungai Gunseiro semakin memperparah.

“Sudah dua hari ini genangan cukup tinggi. Kalau tidak surut, pasti tanaman padi akan mati,” jelas Wagimin, petani di Sungapan Lendah, Sabtu (21/12/2013).

Tanaman padi yang ada, saat ini usianya sudah 80 hari. Para petani hanya tinggal menunggu waktu dua pekan lagi untuk panen. Tetapi hujan yang terjadi terus menerus membuat padi sulit terselamatkan. Jika dipanen dini, hasilnya tidak akan bagus. “Pasti rugi, satu hektar bisa mencapai jutaan rupiah,” jelasnya.

Di Panjatan, air juga merendam tanaman padi yang baru dua pecan di tanam. Para petani juga hanya bisa pasrah karena tidak bisa menyelamatkan. “Kalau airnya tidak surut, pasti mati tanaman ini,” jelas Suripto.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0008 seconds (0.1#10.140)