Liput sidang korupsi, Ketua PWI Merauke intimidasi wartawan

Jum'at, 20 Desember 2013 - 09:54 WIB
Liput sidang korupsi, Ketua PWI Merauke intimidasi wartawan
Liput sidang korupsi, Ketua PWI Merauke intimidasi wartawan
A A A
Sindonews.com - Kekerasan terhadap jurnalis ketika menjalankan tugas peliputannya, kembali terjadi di bumi Cenderawasih, Papua. Parahnya kasus yang banyak dikecam oleh jurnalis ini justru dilakukan seorang oknum pimpinan organisasi jurnalis, yakni Ketua PWI Cabang Merauke.

Oknum pimpinan organisasi jurnalis tersebut diduga melakukan intimidasi terhadap sejumlah wartawan, saat melakukan peliputan sidang kasus korupsi pengadaan souvenir kulit buaya senilai Rp18,5 miliar, oleh Mantan Bupati Merauke, Johane Gluba Gebzem di Pengadilan Negeri Jayapura, Kamis (19/12/2013). Pada saat kejadian, tidak ada seorang pun anggota keamanan di lokasi kejadian.

"Awalnya, saya dihampiri dan diberi tahu tidak mengambil foto, kemudian saya hampiri ruang sidang, saya dilarang untuk merekam dakwaan Hakim terhadap tersangka. Padahal ini kan adalah tugas kita sebagai jurnalis. Yang mengherankan, saya dan beberapa teman-teman media lokal justru diintimidasi oleh rekan kita yang menjabat sebagai Ketua PWI Merauke, dia didampingi salah seorang pendukung dari mantan Bupati tersebut. Kami diancam dan dilarang untuk mengambil foto dan meliput," terang jurnalis The Jakarta Post, Nethy Dharma Somba, Kamis (19/12/2013).

Nethy menyayangkan sikap massa pendukung mantan Bupati tersebut. Sebab tidak memahami tugas jurnalistik yang sedang dijalankan Nethy dan rekan-rekan jurnalis lainnya.

Yang juga disatangkan, lanjut Nethy, adalah sikap oknum pimpinan organisasi jurnalis yang bukannya membantu memberikan pemahaman kepada para pendukung mantan Bupati Merauke, mengenai tugas jurnalis.

Hingga saat ini, oknum pimpinan jurnalis tersebut belum dapat dimintai keterangan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7149 seconds (0.1#10.140)