Wabah chikungnya serang Klaten

Selasa, 17 Desember 2013 - 01:44 WIB
Wabah chikungnya serang Klaten
Wabah chikungnya serang Klaten
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 55 warga Desa Srebegan, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah, terserang wabah chikungunya. Wabah yang ditularkan oleh nyamuk ini, terjadi karena tingginya curah hujan yang turun belakangan ini.

Terjangkitnya warga akibat wabah ini, direspon Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dengan menggelar penyemprotan atau fogging massal, di lokasi yang terkena wabah tersebut.

Kasi Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang Subdin Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Kabupaten Klaten (P2) Herry Martanto mengatakan, laporan adanya warga yang terkena wabah tersebut sudah diterimanya sejak dua hari lalu. Namun, baru hari ini pihaknya meninjau lokasi.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologis (PE), diketahui bahwa tingkat rumah yang terjangkiti jentik nyamuk di lingkungan ini cukup tinggi, yakni dari 76 sampel rumah, 12 diantaranya terjangkiti jentik nyamuk.

“Dari gejala yang ditimbulkan memang mirip wabah chikungnya. Seperti pusing, meriang, lemas, dan seperti orang lumpuh. Namun dari hasil uji laboratorium, itu baru suspect chikungnya," jelas Herry Martanto, kepada wartawan, di Klaten, Jawa Tengah, Senin (16/12/2013).

Meski begitu, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, dinas kesehatan telah menyiagakan puskesmas yang ada di tiap-tiap kecamatan.

Terpisah, Kepala Desa Srebegan Ceper Purwanto mengatakan, lantaran tingginya serangan wabah chikungunya di wilayahnya, sebagian besar warganya sempat menjalani rawat inap di rumah sakit.

Purwanto menuturkan banyaknya penderita penyakit chikungunya membuat warga setempat merasa was-was. Sebab penyebaran penyakit itu bisa menyerang siapa saja. Apalagi, kondisi cuaca seperti saat ini rentan mempercepat perkembangbiakan nyamuk.

“Jelas kami khawatir jika ikut terkena chikungunya. Apalagi penyakit itu sudah menyebar di wilayah desa tetangga,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)