Sertifikasi obat harus diberlakukan

Jum'at, 13 Desember 2013 - 17:46 WIB
Sertifikasi obat harus diberlakukan
Sertifikasi obat harus diberlakukan
A A A
Sindonews.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Ganjar Kurnia, menyatakan sertifikasi halal untuk obat perlu diberlakukan. Hal itu demi melindungi kepentingan umat muslim yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia.

"Sertifikasi halal tentu saja perlu agar umat (Islam) itu merasa apa yang dipakainya itu sesuai dengan apa yang mereka imani," kata Ganjar, Jumat (13/12/2013).

Pemberlakuan sertifikasi halal untuk obat juga sebagai bagian dari perlindungan konsumen. Sehingga konsumen akan tenang ketika membeli obat yang diyakini kehalalannya.

Selain peran pemerintah dan MUI, peran pengusaha juga penting untuk menghasilkan produk obat yang halal komposisinya. "Yang paling penting adalah kesadaran dari pengusaha (obat) itu sendiri bahwa memproduksi (obat mengandung unsur babi) itu akan memudaratkan orang lain," jelasnya.

Ganjar sendiri memiliki kekhawatiran soal fenomena obat mengandung unsur babi. "Apabila ketahuan, itu akan timbul masalah. Ini kalau dibiarkan juga akan jadi daya letup yang lain," ungkapnya.

Ia lalu mencontohkan kasus baso tikus atau makanan yang mengandung unsur babi. Hal itu sempat marak beberapa tahun lalu. Dampaknya pun luar biasa dan dirasakan banyak orang.

Hal serupa juga diprediksi terjadi terhadap fenomena obat mengandung babi. "Itu akan jadi masalah besar," tandas Ganjar.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4020 seconds (0.1#10.140)