Polisi selidiki kecelakaan maut Kadishub Ciamis

Rabu, 11 Desember 2013 - 21:05 WIB
Polisi selidiki kecelakaan maut Kadishub Ciamis
Polisi selidiki kecelakaan maut Kadishub Ciamis
A A A
Sindonews.com – Polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut mulai melakukan penyelidikan terkait kecelakaan maut yang menewaskan Kadishub Ciamis, Herdi Saleh (52), Senin (9/12) lalu.

Hari ini, unit Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) Polres Garut memeriksa sopir bus Budiman, Ade Mustaram.

Sementara pihak Dishub Garut, melakukan pengecekan terhadap mobil dinas Herdi Saleh, Toyota Kijang Innova.

Kepala Unit Laka Polres Garut Iptu Jhonson mengatakan, pihaknya baru bisa memeriksa sopir bus Budiman karena pengemudi Kijang Innova, Agus Haryana, belum dinyatakan pulih secara medis.

“Kami masih memintai keterangan dari sopir bus Budiman. Sementara untuk pengemudi Kijang Innova, belum bisa kami periksa karena yang bersangkutan masih menjalani rawat jalan. Pemeriksaan terhadapnya baru bisa dilakukan setelah ia dinyatakan pulih,” kata Jhonson, Rabu (11/12/2013).

Menurut Jhonson, keterangan dari dua pengemudi kendaraan tersebut sangat diperlukan untuk melengkapi berkas. Berkas ini, kata dia, akan menentukan pelaksanan olah TKP ulang kecelakaan yang terjadi di ruas jalan Limbangan-Malangbong, kawasan Kampung Sasak Beusi, Desa Sindangsuka, Kecamatan Cibatu, Senin malam lalu.

“Tidak cuma itu, kita juga akan mintai keterangan saksi lain, termasuk dari isteri korban meninggal, Siti Wahyuningsih, karena ikut berada di dalam mobil Kijang Innova,” ujarnya.

Kronologis kecelakaan terjadi ketika mobil Kijang Innova bernopol Z 121 T dari arah Bandung menuju Tasikmalaya mencoba menyalip satu unit mobil lain di depannya, diduga mobil pengangkut ayam.

Ketika berada di tikungan, mobil pelat merah ini berhadapan dengan bus Budiman bernopol Z 7476 HA yang melaju dari arah Tasikmalaya menuju Bandung.

Pertemuan dua kendaraan yang berlawanan arah dan berada di satu lajur ini terjadi sangat cepat. Bermaksud untuk menghindari benturan, kedua pengemudi kendaraan tersebut sama-sama membuang kemudi ke arah yang sama.

Alhasil, muka bus Budiman menabrak bagian tengah mobil Kijang Innova hingga ringsek. Peristiwa ini menyebabkan Herdi Saleh mengalami luka berat dan meninggal saat akan dibawa ke rumah sakit di Ciamis.

Kepala Bidang Pengendali Operasi (Dalops) Dishub Garut Bambang Rudianto mengatakan, pihaknya belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan terhadap kendaraan dinas milik Herdi Saleh.

“Proses pengecekan fisik terhadap kendaraan Kijang Innova masih berlangsung. Jadi belum diketahui hasilnya seperti apa sekarang,” ujarnya.

Bambang sendiri mengakui lokasi kecelakan maut di Jalan Raya Limbangan-Malangbong merupakan kawasan rawan. Di daerah tersebut setidaknya telah terjadi beberapa kali kecelakaan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8132 seconds (0.1#10.140)